+62-852-27-281672
info@literasikitaindonesia.com

BUKU ETNOMATEMATIKA LABORATORIUM MATEMATIKA INOVATIF

Yayasan Literasi Kita Indonesia mengucapkan apresiasi dan selamat atas terbitnya Buku ETNOMATEMATIKA LABORATORIUM MATEMATIKA INOVATIF. Buku yang sangat penting dan bermanfaat untuk dikembangkan di setiap perguruan tinggi dalam program studi Matematika.

Penulis :
*Syaripah, M.Pd*

*ISBN : 978-623-6904-29-9*

Editor :
Dr. Sumarto, M.Pd.I

Penerbit :
Penerbit Buku Literasiologi
Anggota IKAPI

SINOPSIS :

Buku ini berjudul Etnomatematika Laboratorium Matematika Inovatif. Penuulis menyampaikan bahwa pembelajaran matematika merupakan proses belajar mengajar yang merupakan perpaduan antara dua aspek yang saling mempengaruhi yaitu aspek belajar yang dilakukan oleh peserta didik dan aspek mengajar yang dilakukan oleh guru sebagai pendidik.

Proses belajar terjadi berorientasi pada apa yang harus dilakukan oleh peserta didik sebagai subjek yang berperan membangun pengetahuan, sedangkan proses mengajar berorientasi pada apa yang harus dilakukan oleh pendidik sebagai fasilitator pembelajaran.

Etnomatematika yaitu matematika yang timbul dan berkembang dalam masyarakat dan sesuai dengan kebudayaan setempat, merupakan pusat proses pembelajaran dan metode pengajaran, potensi pedagogis yang mempertimbangkan pengetahuan para peserta didik yang diperoleh dari belajar di luar kelas. Kajian dalam pembelajaran matematika mencakup segala bidang. Mulai dari bidang ekonomi, sosial budaya, adat istiadat sampai bidang politik dan lain-lain.

Hal ini menunjukkan bahwa, di dalam kehidupan sehari-hari manusia pada umumnya tidal lepas dari Etnomatematika terlebih lagi yang dalam bentuk kebudayaan sehingga sangat penting langkah inovatif yang harus dilakukan dalam buku ini penulis mencoba untuk menyampaikannya dari hasil penelitian yang sudah dilakukan. Selamat Membaca.

Sumarto sumarto

Respond For " BUKU ETNOMATEMATIKA LABORATORIUM MATEMATIKA INOVATIF "