+62-852-27-281672
info@literasikitaindonesia.com

CANGKANG KELAPA SAWIT BERDAYA GUNA

Penulis : Drs. Ali Musa Lubis, M.Ag, Dr. H. Hidayat, M.Pd. Editor. Dr. Sumarto, M.Pd.I. Penerbit Literasiologi Indonesia.

Buku ini adalah hasil kegiatan penelitian dan pengabdian Tim Dosen di Desa Terjun Gajah Kecamatan Betara Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi. Upaya pengolahan cangkang kelapa sawit menjadi berdaya guna yang bisa dimanfaat oleh masyarakat dan meningkatkan perekonomian, seperti cangkang kelapa sawit dapat di olah menjadi asap cair yang bisa di gunakan untuk obat tanaman, bahan pengawet makanan dan pengawet kayu.

Penelitian tentang asap cair yang dapat digunakan dalam bidang perkayuan, makanan, dan lain sebagainya yang sangat dibutuhkan masyarakat. Pengolahan asap cair di dukung dengan penghasilan sawit yang pesat di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, sehingga banyak ampas sawit yaitu cankang kelapa sawit tidak digunakan dengan baik. Dengan adanya pengolahan cangkang kelapa sawit dapat meningkatkan kegiatn ekonomi masyarakat.

Teknologi alternatif yang dapat digunakan dalam mengatasi masalah limbah padat kelapa sawit yaitu dengan teknik pirolisis. Teknik pirolisis dapat menghasilkan produk berupa Liquid smog dan arang. Liquid smogmerupakan hasil kondensasi dari pirolisis kayu yang mengandung sejumlah besar senyawa yang terbentuk akibat proses pirolisis konstituen kayu seperti sellulosa, hemisellulosa, dan lignin diantaranya akan menghasilkan asam organik, fenol, karbonil yang merupakan senyawa yang berperan dalam pengawetan bahan makanan. Cangkang kelapa sawit merupakan salah satu limbah dari pembuatan asap cair, dan merupakan salah satu usaha masyarakat yang sudah lama di daerah Jambi. Selamat membaca semoga menjadi salah satu bahan referensi dalam kegiatan pengabdian masyrakat.https://ebook.literasikitaindonesia.com/index.php?p=show_detail&id=9&keywords=sawit

Follow me

adminliterasi

Technology Management at Literasi Kita Indonesia
Saat ini teknologi masuk kedalam berbagai struktur organisasi sebagai pendukung dalam kelancaran proses kegiatan. Teknologi menjadi sumber utama dalam meningkatkan kualitas sumber daya.
Follow me

Latest posts by adminliterasi (see all)

Respond For " CANGKANG KELAPA SAWIT BERDAYA GUNA "