+62-852-27-281672
info@literasikitaindonesia.com

Dosen Pembimbing dan Mahasiswa Melek Komputer

Pada dasarnya teknologi diciptakan untuk mempermudahkan manusia, mengecilkan permasalahan yang ada. Terkadang teknologi banyak kurang dimanfaatkan, sudah disediakan berbagai aplikasi yang diciptakan tetapi masih terjadi juga jarang digunakan. Dikarenakan kurangnya pemahaman pengguna terhadap suatu aplikasi. Dosen juga tidak sering mengajak mahasiswa untuk memanfaat aplikasi untuk tujuan dan kepentingan yang lebih memudahkan sesuatu hal, contohnya pada bimbingan skripsi/tesis. Bimbingan skripsi/tesis dilaksanakan oleh mahasiswa membawa hasil tulisan yang dibawa kepada dosen pembimbing untuk dibimbing hasilnya.

Setelah dilakukan bimbingan banyak terjadi coretan adanya kesalahan ataupun yang lainnya. Sehingga dikemudian hari mahasiswa memperbaikinya dan keesokan harinya dibawa lagi kepada pembimbing dan ternyata masih banyak terjadi kesalahan dan kekurangan sehingga mahasiswa tersebut banyak menghabiskan lembaran kertas print untuk memperbaiki hal tersebut.

Terkadang juga mahasiswa tersebut juga terkadang kehilangan dokumen hasil bimbingan dan banyak tidak terkelola dengan baik apa saja yang telah diperbaiki setelah bimbingan.

Semoga dengan adanya postingan ini bisa memberikan manfaat dan solusi kepada bapak/ibu dosen yang membaca artikel ini.

Kali ini saya akan memberikan solusi terhadap masalah diatas diantaranya teruntuk kepada dosen pembimbing/kampus mulai saat ini diusahakan semua dosen mewajibkan mahasiswa untuk:

  1. Menggunakan Google Drive
  2. Menggunakan Google Docs

Google Drive

Google Drive merupakan salah satu cloud storage, merupakan penyimpanan data secara online sehingga tidak perlu lagi membeli hardisk/flashdisk setiap akun google diberikan alokasi data sebanyak 15GB. Menyimpan berbagai dokumen tidak akan habis selama puluhan tahun hehe 😀 (jika hanya dokumen word)

Seperti yang dikatakan google pada halaman google drive,

Pekerjaan Anda di Drive dapat diakses dari komputer, tablet, atau ponsel Anda termasuk perangkat Android atau iOS favorit Anda, baik Anda sedang online maupun offline. Pratinjau lebih dari 40 format file populer dengan Drive, termasuk video, gambar, dokumen Microsoft® Office, spreadsheet, dan PDF tanpa perangkat lunak atau biaya tambahan. Anda bahkan dapat mengedit file Microsoft Word, Powerpoint®, dan Excel® di perangkat web, iOS, dan Android.


https://gsuite.google.com/intl/en_us/driveforwork/?utm_medium=et&utm_source=aboutdrive&utm_content=consnav&utm_campaign=en_us

kemampuan google drive dalam menyimpan dokumen sangatlah kita butuhkan dalam mengelola dan management berbagai file dokumen penting kita yang aman tidak terkena virus pada komputer kita.

Mahasiswa tidak ada rasa hawatir kehilangan data skripsi ataupun dokumen pendukung lainnya yang dapat disimpan di google drive. Pekerjaan jadi mudah dan terasa aman.

Google Docs

Tidak perlu lagi repot saat ini, jika tidak ada apilikasi office pada komputer kita, saat ini sudah ada google docs yang dapat membantu kita dalam menulis dokumen kapan pun dan dimanapun. Hehe 😀

Google Docs juga mampu memberikan comment pada setiap tulisan dimanapun yang ingin kita berikan comment. Sehingga dengan adaanya google docs ini dosen dapat mengarahkan mahasiswanya untuk menggunakan google docs, sehingga pada saat pertemuan bimbingan dosen secara cepat memberikan komen kesalahan pada setiap tulisan yang sedang dibimbing. Sehingga mahasiswa juga tidak perlu lagi untuk mencetak skripsi yang sedang dimbimbingkan. Dan setiap comment yang diberikan dapat di replay (dijawab) terjadi adanya diskusi disana dan lebih sistematis dan tercatat dengan baik lebih terkomputerisasi.

Google docs juga mampu menyimpan berbagai log/history jika ada perbaikan pada dokumen, sehingga memudahkan juga dosen ataupun mahasiswa dalam melihat log/history dari setiap bimbingan. Kan keren tuh kalo diterapkan seperti ini. hehe 😀

Sekian dulu pendapat dari saya semoga bermanfaat dan dapat digunakan untuk menjadi tenaga pendidik yang berkualitas dan melek teknologi. Silahkan beri komentar Anda jika artikel ini bermanfaat. Teirmakasih.

Ade Indra Saputra

Research Technology at Literasi Kita Indonesia
Seorang pelajar yang saat ini sedang menjalani studi S2 di UNIKOM Bandung.
Ade Indra Saputra

Latest posts by Ade Indra Saputra (see all)

Respond For " Dosen Pembimbing dan Mahasiswa Melek Komputer "