+62-852-27-281672
info@literasikitaindonesia.com

Coming Soon: BUKU PANCASILA DAN PERADABAN INDONESIA

PANCASILA DAN PERADABAN INDONESIA

Penyunting Dr. Sumarto, S.Sos.I, M.Pd.I

Pancasila dan Peradaban Indonesia. Lahirnya Indonesia berdasarkan nilai – nilai perjungan dan pengorbanan rakyat Indonesia yang tertuang dalam prinsip – prinsip dasar kenegaraan yaitu Pancasila dan UUD 1945. Hasil perjungan dan pengorbanan merupakan bukti budaya sejarah yang tidak boleh dilupakan oleh bangsa dan negara ini, budaya sejarah yang melahirkan peradaban Indonesia yang merdeka sekerang ini. Tidak hanya dikenang dan diperingati tetapi harus menjadi pelajaran penting untuk memajukan bangsa dan negara berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Pancasila merupakan kristalisasi nilai-nilai yang di gali dari budaya bangsa Indonesia sendri. Pancasila merupakan dasar Negara dan ideologi yang sangat cocok bagi Indonesia.Pancasila sebagai dasar dan falsafah bangsa tidak boleh diubah.Mengubah fundamen,dasar, atau ideologi pancasila sama halnya dengan mengubah eksistensi dan sipat  negara Idonesia.

Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa indonesia, sebagai dasar filsafat negara republik indonesia, sebagai ideologi bangsa dan negara indonesia. Seluruh kedudukan dan fungsi pancasila itu bukanlah berdiri secara sendiri namun kita dikelompokkan dan kembali kepada dua kedudukan. Fungsi pokok pancasila yaitu sebagai dasar filsafat negara dan sebagai pandangan hidup bangsa indonesia.

Pancasila sebagai dasar filsafat serta ideologi bangsa dan negara indonesia. Dalam proses terjadinya pancasila dirumuskan oleh para pendiri bangsa imdonesia dengan menggali nilai-nilai yang dimiliki bangsa indonesia. Untuk memperjelas pengertian nilai-nilai pancasila sebagai nilai budaya yang dimiliki bangsa indonesia, maka dipandang sangat penting untuk dijelaskan pengertian kebudayaan.

Wujud hasil kebudayaan manusia maka dapat ide-ide dan pemikiran manusia. Kebudayaan manusia ini merupakan suatu nilai yang hanya dapat dipahami. Dengan hubungannya nilai-nilai keagamaan dan kebudayaan yang berupa nilai-nilai keagamaan, karena agama merupakan pandangan hidup manusia. Selain itu wujud kebudayaan manusia yang bersifat kongkret yaitu berupa aktivitas manusia dalam masyarakat, saling berinteraksi, sehingga terwujudlah suatu sistem sosial. Manusia adalah makhluk sosial selain sebagai individu, karena itu ia senantiasa membutuhkan orang lain dalam masyarakat. Sistem sosial tidak dapat dilepaskan dengan tatanan nilai sebagai suatu dasar dan pedoman. Suatu fenomena sosial budaya akan terkandung di dalamnya suatu nilai keagamaan, nilai kemanusiaan dan kebersamaan.

Wujud budaya konkret lainnya adalah bentuk-bentuk budaya yang dihasilkan manusia. Wujud budaya ini sering disebut benda-benda budaya. Dalam hubungan ini manusia senantiasa  membutuhkan sarana fisik. Benda-benda budaya ini baik berupa benda-benda bergerak seperti kendaraan mesin, serta teknologi. Hasil budaya manusia yang berupa benda-benda budaya yang bersumber pada kebudayaan manusia. Nilai-nilai sebagian besar berasal dari nilai-nilai keagamaan. Sosial-kebudayaaan dikelompokkan menjadi tiga yaitu sistem nilai, sistem sosial, wujud fisik. Sosial-kebudayaan masyarakat indonesia yaitu merupakan suatu esensi nilai kehidupan sosial-kebudayaan yang multikultural.

Penerbit Literasiologi Indonesia

Sumarto sumarto

Menulis tidak hanya menulis, tetapi menulis harus dengan pengetahuan, karena tulisan butuh pengakuan yaitu keilmuan menulis tentang apa yang ingin di tulis
Sumarto sumarto