+62-852-27-281672
info@literasikitaindonesia.com

Karya “Transformasional Kepemimpinan Kepala Madrasah” Sampai Ke STAIN Sorong Papua Barat

Karya Disertasi Ketua Yayasan Literasi Kita Indonesia Dr. Sumarto di jadikan buku untuk lebih mudah di publikasikan dan dipasarkan kepada civitas akademika dan masyarakat secara umum khususnya Jajaran Kepala Madrasah yang ada di Provinsi Jambi dan Indonesia secara keseluruhan. Berkesempatan dapat berkunjung ke Kampus STAIN Sorong yang ada di Provinsi Papua Barat salah satu agendanya adalah silaturahim bersama Ketua STAIN Sorong Bapak Dr. Hamzah, M.Ag dan berdiskusi tentang perkembangan pendidikan Islam di Provinsi Papua Barat.

Salah satu karya yang bisa menjadi kontribusi akademik kepada Civitas Akademika STAIN Sorong dari Ketua Yayasan Literasi Kita Indonesia yaitu Buku yang merupakan hasil Riset Disertasi dengan Judul Transformasional Kepemimpinan Kepala Madrasah yang bisa menjadi salah satu referensi bagi kaum akademik di STAIN Sorong khususnya Bapak Ibu yang sedang mengambil studi S2 di Pascasarjana Jurusan Manajemen Pendidikan Islam/ Kepemimpinan Transformatif di STAIN Sorong. Karena Buku ini menyampaikan hasil riset tentang beberapa kepala madrasah di provinsi Jambi yang bisa menjadi beberapa indikator masukan dan saran konstruktif di Madrasah dan Sekolah di Provinsi Papua Barat.

Adapun sinopsis dari Buku Transformasional Kepemimpinan Kepala Madrasah yaitu: Pemimpin transformasionalmenjelaskan bagaimana pemimpin mengubah lembaga dengan menciptakan, mengkomunikasikan dan memberi inspirasi. Melakukan perpindahan perubahan dalam menanamkan budaya madrasah dengan proses belajar mengajar yang baik, pemenuhan dan perbaikan fasilitas, prestasi belajar dan ekstrakurikuler, ibadah keagamaan, disiplin dan kerja sama yang baik internal dan eksternal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menemukan konsep kepala madrasah transformasional dalam menanamkan budaya madrasah, peran kepemimpinan transformasional dan keberhasilan peran kepemimpinan transformasional dalam menanamkan budaya madrasah di provinsi Jambi.

Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman dan Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi data.

Hasil penelitian, yaitu: Kepala Madrasah memiliki kepribadian muslim sebagaimana Rasulullah SAW, mengetahui kebutuhan anggota, membangun rasa percaya diri dan anggota, membangun komitmen bersama dalam melakukan perpindahan menuju perubahan yang lebih baik, kreatif, produktif dan berinovasi, teladan dan berani menghadapi tantangan, sensitifitas terhadap keluhan dan saran anggota, bermusyawarah dan semangat motivasi. Peran kepemimpinan transformasional Kepala Madrasah sebagai penentu arah (direction setter), agen perubahan (agent of change), juru Bicara (spokesperson), pelatih (coach) yang baik, penggalang dukungan (support-getter), penjamin kesuksesan (succes-guarantor) dan pemandu jalan untuk melakukan perpindahan perubahan yang labih baik (path-finder).

Implikasi praktis, yaitu: peran kepemimpinan transformasional Kepala Madrasah dalam menanamkan budaya madrasah dengan menerapkan idealiced influence, inspirational motivation, intelelectual stimulation dan individualized consideration dan pencapaian keberhasilan dengan kepribadian pemimpin yang baik, faktor pendidikan, pengalaman yang tinggi, kerja sama yang baik.

Semoga karya ini bermanfaat bagi seluruh civitas akademika dan masyarakat umum, bisa dijadikan sebagai salah satu referensi dalam proses pembelajaran, menjadi bahan kajian dalam kegiatan seminar dan bedah buku serta menjadi salah satu studi penelitian pendahuluan atau studi penelitian relevan bagi setiap peneliti yang membahas tentang ilmu manajemen pendidikan dan kepemimpinan transformasional.

Buku “Transformasional Kepemimpinan Kepala Madrasah” Karya Dr. Sumarto, M.Pd.I (Founder Yayasan Literasi Kita Indonesia)

Sumarto sumarto

Menulis tidak hanya menulis, tetapi menulis harus dengan pengetahuan, karena tulisan butuh pengakuan yaitu keilmuan menulis tentang apa yang ingin di tulis
Sumarto sumarto

Respond For " Karya “Transformasional Kepemimpinan Kepala Madrasah” Sampai Ke STAIN Sorong Papua Barat "