Site icon Literasi Kita Indonesia

MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA

Penulis : Dr. Ahmad Zainuri, M.Pd.I. Editor dan Lay Out: Dr. Sumarto, M.Pd.I, Fahrizal harahap. Desain Sampul: Dery Prastatian, S.Sos

Penerbit : Penerbit Buku Literasiologi. Anggota IKAPI.

Manajemen Kurikulum Merdeka. Menurut BSNP atau Badan Standar Nasional Pendidikan kurikulum merdeka belajar adalah suatu kurikulum pembelajaran yang berkaitan dengan pendekatan bakat dan minat. Baik siswa maupun mahasiswa dapat memilih mata pelajaran apa saja yang diinginkan sesuai dengan bakat dan minatnya. Kurikulum atau program Merdeka Belajar ini diluncurkan pada tahun 2013 oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Penelitian sebagai bentuk penilaian perbaikan Kurikulum 2013. Kurikulum Merdeka terbuka untuk digunakan seluruh satuan pendidikan SD, SMP, SMA, SMK, Pendidikan Khusus, dan Kesetaraan. Satuan pendidikan yang menentukan pilihan berdasarkan angket serta implementasi Kurikulum Merdeka yang mengukur kesiapan guru, tenaga kependidikan dan satuan pendidikan dalam pengembangan kurikulum. Implementasi Kurikulum Merdeka semakin efektif.

Kampus Merdeka merupakan salah satu program Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim yang di dalamnya terdapat kebijakan universitas yang mengizinkan mahasiswa untuk belajar selama tiga semester di luar program studinya. Kampus merdeka pada dasarnya telah berkembang menjadi ide baru yang memungkinkan mahasiswa memperoleh kemandirian untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Gagasan ini dibangun di atas gagasan sebelumnya, Merdeka Belajar. Perancangan ide Kampus Merdeka pada hakikatnya merupakan inovasi pembelajaran yang bertujuan untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas.

Penerapan kurikulum MBKM adalah Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Pendidikan Tinggi; Permendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang Perubahan Perguruan Tinggi Negeri Menjadi Perguruan Tinggi Badan Hukum; Permendikbud Nomor 5 Tahun 2020 tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi; Permendikbud Nomor 6 Tahun 2020 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Pada Program Studi Pada Perguruan Tinggi Negeri; Permendikbud Nomor 7 Tahun 2020 tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi. Selamat Membaca.

BUKU MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA :

Exit mobile version