+62-852-27-281672
info@literasikitaindonesia.com

Pentingnya Melestarikan Cagar Budaya

Wahyu Tulus Widodo – Komunitas Ma’arif-Literasi Kita Indonesia

Sahabat literasi, apa kabar, saya berharap mudah-mudahan selalu diberikan kesehatan, dan keberkahan, aamiin. Nah saya dalam artikel kali ini akan mencoba membahas hal dan pengalaman saya yang sedikit berbeda dengan sebelumnya.

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang pentingnya pelestarian cagar budaya yang ada khususnya di provinsi jambi, mugkin semua bertanya-tanya apasih cagar budaya itu? apasih guna dan manfaatnya? Nah saya akan berbagi sedikit cerita semoga dapat memberikan pemahaman walau sedikit pada teman-teman pembaca.

Pada tangal 26-27 Oktober 2019, Balai Pelestarian Cagar Budaya Jambi, memperingati hari jadi balai cagar budaya yang ke-30, yaitu dengan menyelenggarakan kegatan jelajah situs  di kawasan cagar budaya candi muaro jambi, yang diikuti anggota Saka Widya Budaya Bakti. Yang perlu kita ketahui, pertama adalah tentang apa sih cagar budaya? Jadi,  cagar budaya adalah warisan budaya yan bersifat kebendaan berupa benda cagar budaya, struktur cagar budaya, situs cagar budaya, dan kawasan cagar budaya di darat dan /atau di air yang terus dilestarikan keberadaannya karena memiliki fungsi penting bagi sejarah, ilmu pengetahuan, pendidikan, agama dan /atau kebudayaan dengan proses penetapan.(uu republik indonesia no.11 tahun 2010).

Jadi intinya cagar budaya ini sangat penting bagi siapapun, baik masa lalu, masa kini maupun masa depan, harus dijaga dan di lestarikan supaya ada warisan yang berguna bagi generasi penerus. Dan juga para kaum muda harus tau arti nilai pentingnya suatu sejarah masa lalu itu yang harus tertanam dalam diri.

Dalam al-qur’an juga telah di terangkan secara jelas yaitu diciptakan manusia sebagai khalifah di muka bumi, khalifah (pemimpin) sejatinya tidak memimpin saja melainkan kita di tuntut merawat, menjaga, dan memelihara lingkungan sekitar, lebih-lebih suatu kawasan situs cagar budaya yang sangat penting dalam memberikan ilmu pengetahuan bagi saat in maupun masa depan.

Selanjutnya jikalau kita berbicara guna dan manfaatnya tentunya sangat banyk manfaat dari cagar budaya ini, perlu di ketahui manfaat ini merupakan salah satu aspek dari pelestarian yaitu aspek pemanfaatan, jadi sangat banyak selain untuk mengenal peninggalan sejarah masa lalu juga, tentunya menjadi icon suatau masyarakat setempat maupun daerah, icon tidak hanya pusat kota yang mewah tetapi suatu cagar budaya juga menjadi suatu yang sangat penting untuk icon.

Selain itu cagar budaya juga mampu menunjang kehidupan masyarakat sekitar. Sebagai contoh masyarakat di sekitar kawasan situs percandian muaro jambi, yang mayoritas masyarakatnya bertani dan berkebun, juga dengan adanya kawasan situs ini masyarakat menjadi terbantu ntuk mengisi sela-sela waktu berjualan dll. Dengan pasti turut ikut serta dalam melestarikan cagar budaya.

Nah jika sudah begitu, bagaimana dengan kita kaum muda? Apalagi yang berpendidikan kita harus mampu atau mungkin lebih dalam turut serta melestarikan cagar budaya dengan memnanamkan nilai penting suatu sejarah dengan mencegah tindakan yang merusak nilai-nilai cagar budaya, atau paling tidak kita tidak ikut-ikutan merusak benda situs cagar budaya yang ada karena sangat penting nilai yang ada di dalamnya bagi masa lalu, masa kini dan di generasi masa depan.

Sumarto sumarto

Menulis tidak hanya menulis, tetapi menulis harus dengan pengetahuan, karena tulisan butuh pengakuan yaitu keilmuan menulis tentang apa yang ingin di tulis
Sumarto sumarto

Respond For " Pentingnya Melestarikan Cagar Budaya "