Site icon Literasi Kita Indonesia

Tim Penulis ADRI: Innovation on Cross – Disiplinary For Acceleration Recovery

TIM PENULIS ADRI (Ahli dan Dosen Republik Indonesia) Innovation on cross – disiplinary for acceleration recovery. Tulisan Ketua P-ADRI Bengkulu Dr. Sumarto, M.Pd.I “Penerapan Nilai-nilai Moderasi Beragama dalam Merdeka Belajar Kampus Merdeka.”

Tim Penulis ADRI

Penerapan nilai-nilai moderasi beragama dalam Merdeka Belajar Kampus Merdeka MBKM sangat penting dilakukan di Perguruan Tinggi. Ada beberapa hal yang dibahas dalam tulisan sederhana ini yaitu nilai-nilai moderasi beragama ada empat; komitmen kebangsaan, bersikap toleransi, tidak melakukan tindakan kekerasan, dan ramah terhadap budaya lokal. Keempatnya dapat diterapkan dalam pelaksanaan pembelajaran merdeka belajar kampus merdeka yang sudah menjadi kebijakan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Adanya penerapan Merdeka Belajar Kampus Merdeka MBKM memberikan banyak kesempatan bagi para mahasiswa untuk belajar, berdiskusi, melakukan kegiatan penelitian dan kegiatan wirausaha yang mendukung program belajarnya atau bahkan bisa mengikuti kegiatan magang di beberapa Instansi Pemerintahan, Lembaga Pendidikan, dan Perusahaan.

Tentunya tidak cukup berbekal ilmu secara teoritik di bangku perkuliahan dalam menghadapi tantangan pekerjaan dan lingkungan masyarakat tetapi sangat penting memiliki sikap dan nilai-nilai moderasi beragama, sehingga setiap proses pembelajaran dan praktik belajar yang dilakukan berjalan dengan baik di tengah kemajemukan bangsa Indonesia.

Menjadi moderat bukan berarti menjadi lemah dalam beragama. Menjadi moderat bukan berarti cenderung terbuka dan mengarah kepada kebebasan. Menjadi moderat adalah adil dan berimbang, menjadi Insan yang memiliki Komitmen Kebangsaan, anti Kekerasan, Toleransi dan Ramah Terhadap Budaya Lokal.


Exit mobile version