+62-852-27-281672
info@literasikitaindonesia.com

WORKSHOP; UPAYA MEWUJUDKAN SDM UNGGUL

Panijah; Guru SD Negeri 60/III Bento  Kec.Kayu Aro Barat, Kabupaten Kerinci

Dalam Situasi dan kondisi Sekarang ini yang penuh tantangan  ditengah kesibukan kita dalam bembelajaran di sekolah yang menghadapi siswa  juga yang disibukan oleh pekerjaan sebagai ibu rumah tangga  namun juga tantangan untuk kinerja  kita selaku PNS guna untuk memenuhi syarat naik pangkat .

Dengan Worskshop pada hari jumat tanggal 1 -2 oktober 2019 ini  sangat membantu dalam meningkatkan sumber manusia khususnya guru PAI SD seperti saya ini,karna belajar memiliki pengaruh yang besar terhadap keberhasilan pembelajaran. Berdasarkan pengalaman penulis di lapangan, kegagalan dalam belajar rata-rata dihadapi oleh sejumlah siswa yang tidak memiliki dorongan belajar.

Untuk itu dibutuhkan suatu kegiatan yang dilakukan oleh guru dengan siswa kelas IV membangkitkan motivasi belajar siswa tentang solat , misalnya dengan membimbing siswa untuk terlibat langsung dalam kegiatan yang melibatkan siswa serta guru yang berperan sebagai pembimbing untuk menemukan konsep Pendidikan Agama Islam seperti  salah satunya memakai metode Tutor Sebaya..

Dalam proses pembelajaran yang menyangkut materi, metode, media alat peraga dan sebagainya harus juga mengalami perubahan ke arah pembaharuan (inovasi). Dengan adanya inovasi tersebut diatas dituntut seorang guru PAI untuk lebih Kreatif dan Inovatif,terutama dalam menentukan model pembelajaran dan metode pembelajaran yang tepat akan sangat menentukan keberhasilan siswa terutama pembentukan kecakapan hidup (life skill) siswa yang berpijak pada lingkungan sekitar. Untuk itu Model Pembelajaran dengan penerapan metode demontrasi  atau tutor sebaya juga dapat langsung  memacu siswa akan lebih aktif, kreatif serta akan bisa termotivasi untuk mau belajar. Sehingga pada akhirnya siswa bisa mencapai hasil minat yang meningkat/maksimal.

Dengan demikian semua tujuan yang telah disusun oleh guru di dalam rencana pembelajaran akan bisa tercapai dan hal itu merupakan tujuan kita bersama sebagai guru dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini diadakan di Hotel Duta jambi dalam kegiatan WORKSOP PENINGKATAN KOMPETENSI PUBLIKASI ILMIAH GURU  PENDIDIKAN AGAMA ISLAM  PROPINSI JAMBI juga di lapangan  seperti SD Negeri 60 /III Bento Kecamatan Kayu Aro Barat Kabupaten Kerinci Jambi kelas IVsemester I.

Digunakan strategi ini karena di dasarkan oleh fakta bahwa siswa kelas IV SD Negeri 60/III Bento masih ada beberapa siswa yang belum bisa mencapai hasil minat belajar yang maksimal dalam gerakan sholat. Kegiata worksop  dengan materi  cara membuat  Buku,artikel,makalah,jurnal  (Karya Ilmiah) yang disampaikan oleh narasumber Dr. Sumarto dan Dr. Emmi Kholilah Harahap ini dapat membantu  meningkatkan proses pembelajaran dan mutu pendidikan guru Pendidikan Agama Islam provinsi Jambi.

Sumarto sumarto

Menulis tidak hanya menulis, tetapi menulis harus dengan pengetahuan, karena tulisan butuh pengakuan yaitu keilmuan menulis tentang apa yang ingin di tulis
Sumarto sumarto

Respond For " WORKSHOP; UPAYA MEWUJUDKAN SDM UNGGUL "