BELAJAR BERSAMA ALAM KAWASAN HUTAN MADAPI TNKS TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI

Kawasan Hutan Lindung MADAPI TNKS

Mengunjungi salah satu wisata alam yang ada di Kabupaten Rejang Lebong yaitu wisata alam Kabupaten Rejang Lebong madapi yang merupakan hutan wisata di kelola oleh tnks Taman Nasional Kerinci Seblat wilayah III resort Rejang Lebong nama MADAPI sendiri merupakan akronim yaitu pohon mahoni (MA), pohon damar (DA) dan pohon pinus (PI).

Informasi dari laman okezone Judul “Berwisata ke Hutan Madapi, Serasa Berada di Film Twilight” Kawasan hutan dengan luas sekira 400 hektare (Ha) hingga 500 Ha tersebut, juga terlihat tertata rapi dan berdiri kokoh sejajar. Di mana masing-masing pohon memiliki jarak tanam 3 hingga 7 meter. Secara keseluruhan, sampai Insan, wisata alam ini memiliki luas sekira 400 ha hingga 500 Ha, yang berada di kaki bukit kelam.

Selanjutnya dijelaskan dalam tulisan tersebut Kawasan ini juga menjadi hutan pendidikan, dan hutan konservasi untuk para pengunjung, pohon Mahoni dan Damar sudah ditanam sejak tahun 1954-an. Sementara pohon pinus ditanam kisaran tahun 1982-1983, yang mana kala itu wilayah itu masih dalam berstatus Hutan Lindung.

Hutan MADAPI masuk dalam kawasan pemanfaatan. Status hutan lindung berubah menjadi kawasan TNKS, kisaran tahun 1992 hingga 1993, memiliki luas 400 Ha hingga 500 Ha, yang menjadi kawasan wisata alam seluas sekira 100 Ha. Kawasan camping ground, lokasi habitat Amorphophallus atau bunga bangkai dan tempat bersantai.

Kemudian lokasi wisata hutan lindung ini bila dari kota Curup tidak terlalu jauh dan jalannya menuju Kabupaten Rejang Lebong tepatnya di daerah dusun Karanganyar Desa pal 7 kecamatan bermani ulu raya Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu.

Bila kita mengunjungi wisata alam yaitu hutan lindung yang dikelola oleh TNKS wilayah 3 resort Rejang Lebong sungguh sangat berkesan. Ketika memasuki area hutan lindung kita tentunya terlebih dahulu memberikan kontribusi atau biaya kepada petugas yang mengelola hutan Taman Nasional Kerinci Seblat TNKS.

Setelah itu kita akan merasakan begitu luar biasa udara yang segar pemandangan yang indah kemudian banyak spot foto yang unik menarik dan berkesan seperti beberapa pohon yang akarnya tumbuh keluar karena Umur pohon tersebut tentunya sudah lama dan hal ini menjadi pembelajaran atau bahkan penelitian sebenarnya bagi para akademisi untuk melihat pertumbuhan ataupun perkembangan pohon yang ada di hutan lindung.

Kami Rejang University Sekolah Transformatif Bersama mahasiswa-mahasiswi PPL dari MIN 3 Bandung Marga berkesempatan belajar di hutan lindung, belajar dan berdiskusi tentang keindahan alam yang luar biasa di hutan lindung tentunya kita belajar bagaimana caranya mensyukuri nikmat yang diberikan Allah subhanahu wa ta’ala yaitu alam semesta yang begitu indah dan menjadi Hikmah bagi kehidupan kita.

Hutan lindung madapi tentunya harus kita jaga kita lindungi Dan Kita lestarikan terutama kepada masyarakat atau pengunjung yang datang ke hutan lindung madapi Jangan membuang sampah sembarang atau bahkan jangan sampai menebang pohon-pohon yang ada di daerah hutan lindung karena melanggar aturan yang ada karena hutan lindung yang ada di wilayah TNKS Taman Nasional Kerinci Seblat.

Selalu dijaga diawasi oleh para petugas yang ada tentunya yang paling terpenting adalah kesadaran kita agar hutan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong tetap terjaga dan menjadi paru-paru bagi daerah Kabupaten Rejang Lebong menyediakan udara yang segar menyediakan pemandangan yang indah dan membuat hati kita pikiran kita semakin sehat.

Pada aspek religius kita mengetahui bahwa menjaga alam sudah merupakan kewajiban kita sebagai seorang muslim karena tidak bisa manusia hidup tanpa hadirnya alam terutama dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari oleh karena itu Mari kita jaga alam kita agar selalu terawat terjaga dan menjadi sumber kehidupan bagi kita membuat kehidupan kita lebih nyaman lebih tenang dan lebih damai.

Lindung MADAPI tidak hanya tempat wisata bagi kita sebenarnya tetapi hutan lindung madapi menjadi salah satu pusat pembelajaran penelitian bagi akademisi yang ingin meneliti tentang keberadaan pohon-pohon yang ada di hutan lindung MADAPI.

Selain itu di hutan lindung MADAPI juga disediakan area atau tempat bagi kita untuk melaksanakan kegiatan outbound atau camping sebagaimana yang di jelas sebelumnya yang tujuannya adalah selain mempelajari kehidupan alam tadabbur alam juga menyatukan hati kita terhadap alam sehingga alam tersebut tidak hanya sekedar alam tetapi alam adalah sahabat kita sahabat manusia yang harus selalu kita jaga.

Perencanaan Berikutnya Kegiatan Bersama Tim SD Literasi Qur’ani, RA Tunas Literasi Qur’ani, Taman Baca Masyarakat TBM Desa Tasik Malaya Curup Utara dan Komunitas Sekolah Literasi; Belajar dan Bermain di Kawasan Hutan Lindung MADAPI TNKS.


Sumarto sumarto
Latest posts by Sumarto sumarto (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published.