+62-852-27-281672
info@literasikitaindonesia.com

BPIP RI DAN JARINGAN PANCA MANDALA

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila BPIP RI membentuk Jaringan Panca Mandala JPM di berbagai Provinsi salah satu diantaranya adalah di Provinsi Bengkulu dengan nama Jaringan Panca Mandala Fatmawati Bengkulu yang tujuannya adalah sebagai perekat Bangsa, mengajak dan bersama – sama menerapkan nilai – nilai Pancasila dalam kehidupan Berbangsa dan Bernegara.

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila atau disingkat BPIP adalah lembaga yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden yang memiliki tugas membantu Presiden dalam merumuskan arah kebijakan pembinaan ideologi Pancasila, melaksanakan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian pembinaan ideologi Pancasila secara menyeluruh dan berkelanjutan, dan melaksanakan penyusunan standardisasi pendidikan dan pelatihan.

Kemudian BPIP menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan, serta memberikan rekomendasi berdasarkan hasil kajian terhadap kebijakan atau regulasi yang bertentangan dengan Pancasila kepada lembaga tinggi negara, kementerian/lembaga, pemerintahan daerah, organisasi sosial politik, dan komponen masyarakat lainnya. BPIP merupakan revitalisasi dari Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKPIP). (Website BPIP RI)

BPIP RI memiliki peran strategis dalam menjaga dan merawat keutuhan bangsa, menguatkan persatuan dan kesatuan, menjalankan budaya – budaya musyawarah dengan saling menghormati dan menghargai pendapat orang lain. Menghidupkan prinsip gotong royong dalam melaksanakan tugas hingga pada pemahaman terhadap semboyan Bhineka Tunggal Ika, bahwa perbedaan atau keberagaman adalah sumber kekuatan bagi bangsa Indonesia dan bukan sumber perpecahan.

Pertemuan Bersama BPIP, agenda Program Kegiatan Kerja Desa Pancasila dan Rumah Moderasi Beragama RMB dan Kebangsaan, Kolaborasi dan Berkontribusi untuk Bangsa dan Negara. Program Jaringan Panca Mandala JPM Fatmawati Bengkulu, Semoga Berjalan Baik dan Sukses. Terima kasih Tim dari BPIP ; Bapak Sirait, Bapak Thomas, Bapak Hantoro, Bapak Remond dan Seluruh Sahabat BPIP RI._

Sumarto sumarto

Respond For " BPIP RI DAN JARINGAN PANCA MANDALA "