+62-852-27-281672
info@literasikitaindonesia.com

Makna Wisuda, dan Tantangan Global

Sumarto (Pascasarjana IAIN Curup) Literasi Kita Indonesia

(2/8/2019) Wisuda jangan di maknai dengan sekedar tradisi akademik, tetapi wisuda adalah pembuktian akdemik yang penuh dengan perjuangan dan pengorbanan, tidak hanya materi tetapi semua aspek dalam hidup menjadi kesatuan diri yang terus berdinamika dengan gejolak perjuangan. Sepantasnya diberikan gelar akademik, sebagai simbol atas ter ujinya kemampuan intelektual dan kemampuan emosional.

Penulis (Sumarto) melihat dan mencoba mengamati momentum wisuda sarjana, magister dan doktor UIN Sulthan Thaha Syaifuddin Jambi pada tanggal 31 Juli 2019 dengan jumlah peserta wisuda 995 wisudawan/i, ada beberapa makna yang ada dari setiap peristiwa wisuda yang terjadi, diantaranya; 1. Wisuda terselenggara dengan penuh suka dan duka, ketika melihat orang yang dicintai berhasil dalam proses studinya, 2. Setiap orang meluangkan waktunya untuk menghadiri wisuda, karena wisuda momentum penting dan bersejarah dalam hidup, 3. Foto dan Video menjadi hal yang wajib dalam wisuda, di share di media sosial, untuk mendapatkan respon yang positif dari setiap teman dan kerabat, memberitahukan tentang keberhasil yang sudah di capai,

4. Keluarga rela menunggu di luar gedung, menunggu orang yang dicintai sedang proses wisuda, walau kondisi cuaca panas dan hujan, 5. Memberikan hadiah yang terbaik kepada wisudawan/i, sebagai bentuk rasa cinta, sayang dan penghargaan atas keberhasilannya, 6. Tidak lupa untuk makan bersama dengan keluarga, bukti kebersamaan, merayakannnya dengan rasa syukur, dan melaksanakan nazar bagi yang bernazar serta sedekah kepada orang yang membutuhkan.

Namum, ada hal yang perlu di maknai lagi, penting untuk diketahui, terkadang terlewatkan begitu saja, yaitu pesan yang disampaikan oleh Rektor dalam sambutannya, atau Orator Ilmiah dalam kajian riset yang disampaikannya, hal ini harus diperhatikan kepada seluruh wisudawan/i, yaitu tentang “tantangan global” bahwa dunia ini berputar dengan perkembangan kemajuan yang sangat pesat, kecanggihan teknologi adalah tantangan yang besar dan peluang yang besar, harus bisa di sadari oleh setiap wisudawan, harus siap dengan kemampuan dan mental kerja yang relegius, inovatif dan global.

Sumarto sumarto

Menulis tidak hanya menulis, tetapi menulis harus dengan pengetahuan, karena tulisan butuh pengakuan yaitu keilmuan menulis tentang apa yang ingin di tulis
Sumarto sumarto

Respond For " Makna Wisuda, dan Tantangan Global "