+62-852-27-281672
info@literasikitaindonesia.com

Selamat atas terbitnya Buku : “MEDIASI DALAM PENYELESAIAN PERKARA PERCERAIAN”

Selamat atas terbitnya Buku :
“MEDIASI DALAM PENYELESAIAN PERKARA PERCERAIAN”

Penulis :
Prof. Dr. H. A. Husein Ritonga, MA
Dr. A. A. Miftah, M.Ag
Dr. Fitriyah Alkaff, MA

Editor :
Dr. Sumarto, M.Pd.I

ISBN : 978-623-94458-4-3
Penerbit Literasiologi Indonesia

Sinopsis Buku :

Mediasi dalam Penyelesaian Perkara Perceraian diantaranya penumpukkan perkara selalu meningkat dari tahun ke tahun. Untuk itu Mahkamah Agung menerbitkan Peraturan Mahkamah Agung (PERMA) No.1 tahun 2016 tentang prosedur mediasi di pengadilan, sebagai upaya untuk menekan angka perkara yang masuk ke pengadilan termasuk perceraian.

Mediasi juga proses negosiasi atau proses dalam mencapai kesepakatan antar para pihak yang bersengketa. Tujuan mediasi adalah mendamaikan secara win-win solution, mencapai kesepakatan yang sama-sama disetujui para pihak serta mempertahankan hubungan baik diantara mereka. Dalam proses mediasi, para pihak melakukan resolusi konflik yang terjadi, dan membahas solusi kedepan dan tidak membicarakan masa lalu. Mediator hanya berperan sebagai fasilitator yang mengantarkan para pihak pada tujuan yaitu kesepakatan damai.

Namun sayangnya mediasi tidak tidak menunjukkan angka keberhasilan yang diharapkan di pengadilan agama. Tulisan ini mengungkap faktor kegagalan dan keberhasilan mediasi, peran mediator dalam menyelesaikan perkara perceraian dan menggali sejauh mana keefektifan mediasi dalam perkara perceraian.

Sumarto sumarto

Respond For " Selamat atas terbitnya Buku : “MEDIASI DALAM PENYELESAIAN PERKARA PERCERAIAN” "