SUPERVISI PENDIDIKAN ISLAM

Penulis : Dr. Emmi Kholilah Harahap, M.Pd.I, Dr. Hj. Jumira Warlizasusi, M.Pd.I. Editor dan Lay Out: Dr. Sumarto, M.Pd.I, Fahrizal Harahap

Desain Sampul: Dery Prastatian. S.Sos, Penerbit : Penerbit Buku Literasiologi. Anggota IKAPI.

Buku ini berjudul Supervisi Pendidikan Islam. Mutu pendidikan di sekolah adalah tanggung jawab seorang pengawas. Peran pengawas sekolah sebagai penjamin mutu pada tingkat satuan pendidikan. Meningkatkan mutu pendidikan sekolah diperlukan kehadiran pengawas sekolah karena pengawas sekolah menjadi sangat penting karena dapat memberikan dorongan agar pendidikan tenaga kependidikan yang berada dalam lingkup satuan pendidikan termotivasi untuk berkinerja.

Supervisi dilakukan oleh supervisor dengan cara melakukan kunjungan ke kelas pada saat guru melakukan kegiatan pengajaran. Kunjungan kelas bertujuan untuk dapat melihat langsung kondisi yang ada di lapangan bagaimana pendidikan tersampaikan dengan baik ataupun tidak, kendala apa yang dihadapi pada saat guru menyampaikan pembelajaran dikelas, faktor hambatan apa yang dialami guru dan siswa dalam belajar dan beberapa faktor lain yang dapat diamati dalam melakukan supervisi. Supervisor memeriksa persiapan kunjungan  kelas.

Pembinaan pengawas sekolah adalah mampu melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pelaksana pengawasan akademik dan manajeria pada satuan pendidikan yang dibinanya, meningkatkan kompetensi kepribadian, supervisi akademik, supervisi manajerial, evaluasi pendidikan, penelitian dan pengembangan, dan sosial, sehingga dapat mempengaruhi kinerjanya, melakukan inovasi pendidikan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di madrasah binaannya dan mengembangkan karir jabatan pengawas. Selamat Membaca Buku.

TERIMA KASIH DAN APRESIASI :

Eristiana, Surya Adi Pratama, Ahmad Qodri, Usar Naely, Dedi Ristiono, Putri Susilawati, Cucu Rahayu, Enilawati, Fera Yuliana, Rajab Effendi, Meti Meliawati, Anggi Mantara, Nikku Panduning Hutami, Meri Susiyanti, Jalilah, Asni Neli, dan Nila Sa’adah.

BUKU SUPERVISI PENDIDIKAN ISLAM :

Sumarto sumarto

Leave a Reply

Your email address will not be published.