+62-852-27-281672
info@literasikitaindonesia.com

Cara menulis artikel yang bermanfaat dan menarik

Sumarto – IAIN Curup – Ma’arif – Founder YLKI

Beberapa diantara kita, menyampaikan bahwa tidak semua memiliki kegemaran untuk menulis, tetapi hampir semua orang bisa buat status di media sosial, sebenarnya buat status adalah bagian dari menulis, tinggal perlu di asa supaya lebih rapi, menarik dan contentnya bermanfaat.

Menulis sudah menjadi bagian besar dari kehidupan manusia, karena salah satu proses pendidikan awal adalah bisa membaca, menulis dan berhitung, sehingga semua dari kita, sudah memiliki potensi untuk bisa menulis, yang perlu adalah bagaimana cara nya mencari lingkungan dan sahabat yang bisa memberikan pengaruh dan semangat untuk bisa menulis.

Pada kegiatan yang akan dilaksanakan Sabtu 29 Juni 2019 di Aula Kampus STAI Ma’arif Jambi, di adakan oleh Komunitas Literasi Ma’arif dan UIN Sulthan Thaha Syaifuddin Jambi, Pelatihan menulis artikel, saya akan menyampaikan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menulis artikel yang menarik dan bermanfaat, kegiatan gratis, sehingga ini peluang besar bagi teman teman untuk bisa menulis artikel, berani menuliskan ide idenya dan menyampaikannya kepada publik.

Adapun caranya yaitu 1. Menulis dengan banyak pembacanya, adalah keinginan dari kita sebagai penulis, tetapi jangan melakukan sikap click bait yaitu membuat judul menarik, menggoda pembaca untuk membacanya, tetapi content nya zonk tidak bermanfaat sesuai dengan judul yang ditulis, hal ini harus di hindari, karena kita menulis tujuannya adalah memberikan manfaat kepada pembaca dengan tulisan yang kita miliki. 2. Content yang ditulis sesuai dengan keahlian kita, sehingga kita sudah memiliki pengetahuan awal untuk menulis, tinggal mengembangkannya. 3. Memilih picture image yang menarik dan sesuai dengan content tulisan, 4. Mampu mencari, menyimpan dan merawat ide sebagai tema awal untuk memulai menulis, ide-ide disimpan dengan cara di tulis jangan hanya “di ingat-ingat”.

5. Gunakan poin-point ketika menulis sehingga bisa lebih sistematis, dan enak menyampaikannay tanpa harus di ulang-ulang lagi pembahasannya, padahal sudah di bahas, 6. Ketika menulis artikel sudah “buntu” jangan di paksa, biarkan istirahat sambil mencari informasi baru lagi untuk melanjutkan tulisan, 7. Jangan lupa edit sebelum publish, supaya tulisan lebih rapi dan menarik, terutama koreksi EYD nya. Semoga bermanfaat.

Sumarto sumarto

Menulis tidak hanya menulis, tetapi menulis harus dengan pengetahuan, karena tulisan butuh pengakuan yaitu keilmuan menulis tentang apa yang ingin di tulis
Sumarto sumarto

Respond For " Cara menulis artikel yang bermanfaat dan menarik "