+62-852-27-281672
info@literasikitaindonesia.com

Centre For Research and Publication UNISSA, Brunei Darussalam

Hal yang membuat penasaran selain situasi relegius, sosial, budaya dan pendidik di Brunei Darussalam adalah kampus yang ada, walaupun tidak tergolong banyak hanya ada sekitar tidak sampai 10 Kampus, dengan 2 Kampus besar ada Universitas Brunei Darussalam dan Universitas Sultan Syarif Ali, yang membuat penasaran adalah bagaimana proses publikasi dan penerbitan yang di lakukan di kampus Brunei Darussalam, dalam hal ini di UNISSA, ternyata di antara informasi yang di terima melalui proses pengamatan dan sharing diskusi dengan beberapa dosen di UNISSA, proses Publikasi dan Penerbit buku di lakukan dengan selektif, penilaian dan pemberdayaan royalti bagi setiap penulis sebagai bentuk penghargaan.

Penjelasan dari Prof. Hajjah Ross Direktur Publikasi Ilmiah, Penerbitannya dan Khidmat, setiap tulisan yang masuk adalah studi penelitian (Brunei menyebut nya “penyelidikan”) melalui proses penilaian hingga proses penerbitan, tetapi Penerbitan cetak buku sangat mahal di Bruno, sehingga Beliau menawarkan kerja sama untuk percetakan Buku juga selain kolaborasi riset dan kegiatan joint seminar serta Konferensi.

Jurnal di Terbitkan dalam bahasa Inggris dan Arab begitu juga buku tetapi ada juga yang berbahasa melayu, seperti Buku Kamus Istilah Undang Undang Jenazah Syariah (Hudud, Qisas dan Taksir), Ensiklopedia Negara Zikir, dan buku buku yang lain, menarik tetapi harganya mahal juga, sekita ada yang 23 Dollar Brunei, 13 Dollar, 15 Dollar, 21 Dollar, harganya bervariasi.

Alhamdulillaah, berkesempatan memberikan Buku salah satu karya kami dan mahasiswa yang berjudul Pancasila dan NKRI, buku yang membahas tentang ideologi dasar negara Republik Indonesia yang menjadi pandangan hidup, filosofi keilmuan dan budaya gotong royong masyarakat Indonesia, Buku tersebut di serahkan Secara simbol kebersamaan dan kekeluargaan untuk Maju dan makmur bersama kepada Dr. Ismail Abdullah Deputy Directur Centre For Research and Publication UNISSA. Aada beberapa catatan yang menjadi hasil pertemuan bersama rekan rekan dosen di UNISS Brunei Darussalam, di antaranya;

1. Penerbitan UNISSA Press
2. Setiap buku dari UNISSA Press, di perjualbelikan, untuk keperluan royalti penulis dan cost atau biaya untuk cetak buku
3. Proses penerbitan Buku atau Artikel Jurnal melalui proses di UNISSA Press, penilaian, termasuk seleksi naskah, mencari yang terbaik, kemudian bila di terima Editing dan Lay out, hingga kontrak royalti, pemasaran dan biaya untuk cetak.
4. Kegiatan khidmat atau pengabdian masyarakat di UNISSA tetap di laksanakan seperti di Indonesia KKN, sekitar 20 Hari (tetapi biasa nya 100 Jam bisa lebih juga), mahasiswa dan dosen turun ke masyarakat, ceramah dan kegiatan pengabdian lainnya biasanya ketika cuti.
5. Pada bulan Desember, dosen dan mahasiswa lagi cuti, mulai perkuliahan bulan Januari. Bisa di laksanakan untuk kegiatan refreshing atau kegiatan perkhidmatan.
6. Cetak buku di Brunei Darussalam, termasuk mahal, sehingga perlu joint dengan beberapa negara, termasuk tawaran kepada Indonesia, untuk cetak tetapi lisensi tetap dari UNISSA Press.
7. Yang menjadi penting, dan harga buku mahal karena mendapatkan lisensi dari UNISSA Press, karena setiap manuskrip buku di proses dengan baik, melalui penilaian dari para ahli, hingga proses revisi, dah harus di perbaiki oleh penulis hingga proses Lay out, editing, ISBN.
8. Jurnal di UNISSA Internasional Journal of ‘Umaranic Studies Jurnal Antarbangsa Pengajian ‘Umaran. ISSN 2617-9407.
9. Ada beberapa pembahasan yang kami kaji di pusat penelitian dan penerbitan UNISSA: Sistem Keuangan Islam, ada keberagaman ugama di Brunei tetapi tidak terlalu beragam, hanya ada 2 gereja di Brunei tetapi gereja kecil, karena gereja itu sudah ada sebelum negara’ Brunei merdeka, dan tidak berkembang, karena tidak di perkenankan, tetapi tetap saling menghormati, begitu juga dengan tempat ibadat masyarakat Thionghoa, tidak berkembang, sudah ada sejak lama.
10. Gerant = Anggaran Dana, Brunei
11. Penerbitan Buku di Brunei tidak terlalu banyak, sekitar yang paling banyak 32 Buku.
12. Mengadakan bengkel atau workshop : pemilihan tesis terbaik untuk menjadi buku, memanggil Ahli tentang kajian analisis dan menulis buku yang baik. Bengkel OJS.
13 Penerbitan buku ; ada dalam 3 bahasa, Arab, Inggris dan Melayu.
14. Matching Grant Between UNISSA; Open joint Penelitian di biayai oleh UNISSA; dari negara lain, yang banyak kami lihat joint dari USIM University Sains Islam Malaysia, USM University Sains Malaysia. Di buka untuk negera lain, bisa juga di biayai oleh kedua negara, seperti Grant UNISSA dan Indonesia.

Sumarto sumarto

Respond For " Centre For Research and Publication UNISSA, Brunei Darussalam "