+62-852-27-281672
info@literasikitaindonesia.com

HAPPY TEACHER’S DAY

Oleh: Sri Kadarsih

Happy Teacher’s Day yang bertepatan pada tanggal 25 November merupakan hari sejarah bagi para guru. Siapakah guru itu? Kata guru memiliki pengertian yang sangat luas. Ada yang mendefinisikan guru adalah seseorang yang telah mengajarkan tentang sesuatu. Guru juga merupakan suatu profesi yang berperan untuk mencerdaskan anak bangsa. Peraturan Pemerintah Nomor  74 tahun 2008 tentang Guru pada pasal 1 ayat 1 menjelaskan bahwa “Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar dan pendidikan menengah”.

My teacher is my motivation adalah istilah yang penulis gunakan dalam memberikan motivasi dalam memberikan pembelajaran kepada mahasiswa maupun peserta didik. Guru memiliki peran sebagai pendidik yang memeberikan pendidikan secara keseluruhan termasuklah dalam memperbaiki budi pekerti maupun tingkah laku serta norma-norma baik.

Dunia pendidikan sampai hari ini masih disibukan dengan permasalahan pandemi Covid-19. Banyak hal yang perlu dipersiapkan dalam menghadapi pembelajaran daring. Guru dan dosen mempersiapkan media pembelajaran yang dapat diterima peserta didik dengan mudah. Hal ini memunculkan ide dan mengajak para tenaga pendidik untuk berfikir lebih kreatif lagi. Kreatifitas guru semakin meningkat pada masa pandemi ini, karena peran guru sebagai fasilitator media pembelajaran. Guru membuat media pembelajaran yang lebih kreatif melalui media online. Guru memanfaatkan teknologi dan internet sebagai salah satu sarana pembuatan media pembelajaran. Menggunakan aplikasi-aplikasi atau fitur yang terupdate.

Menjadi seorang pendidik merupakan tanggung jawab yang berat. Guru dituntut mampu menularkan budaya kreatif kepada siswa. Mereka mampu mengikuti perkembangan pengetahuan melalui teknologi dan informasi. Dalam pembelajaran tatap muka guru hanya perlu menyiapkan materi serta menambahkan media yang mendukung. Sedangkan pada masa pandemi ini guru perlu menyiapkan media pembelajaran berupa video yang direkam maupun diedit dengan aplikasi terbaru. Dalam hal ini guru bisa menggunakan aplikasi kine master untuk mengkombinasikan video pembelajaran.

Pendidikan merupakan usaha dan aktifitas tenaga pendidik yang bertujuan untuk menciptakan kretifitas, menambah pengetahuan, ketrampilan, sikap maupun akhlak serta kepribadian.  Agama islam juga mengajarkan tentang konsep pendidikan yang berisikan tentang:

Pertama, metode hikmah secara bahasa berarti bijaksana, maksudnya mengajak peserta didik untuk menyikapi sesuatu hal dengan lebih bijaksana. Kedua, metode Mauidzoh hasanah (nasehat/pengajaran yang baik) yakni dengan seorang guru seharusnya berfitat lebih lemah lembut kepada peserta didik dalam menyampaikan nasihat. Hal demikian perlu diterapkan karena guru dan dosen adalah teladan atau contoh yang baik bagi siswa maupun mahasiswa. Ketiga, metode jidal (diskusi) merupakan upaya guru dan dosen dalam memberikan kesempatan berpendapat kepada mahasiswa maupun siswa. Pernyataan ini termuat dalam Al-Qur’an surat An-Nahl : 125

اُدْعُ اِلَى سَبِيْلِ رَبِّكَ بِلْحِكْمَهْ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ وَجَادِلْهُمْ بِالَّتِى هِيَ اَحْسَنُ اَنَّ رَبَّكَ هُوَ اَعْلَمُ بِمَنْ ضَلَّ عَنْ سَبِيْلِهِ وَهُوَاَعْلَمُ بِلْمُهتَدِيْنَ

Artinya: “ (wahai Nabi Muhammad SAW) serulah (semua manusia) kepada jalan yang ditujukan Tuhan pemeliharamu dengan hikmah (dengan kata-kata bijak dan tingkat kepandaian mereka) dan pengajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik pula, Dialah yang Maha mengetahui tentang siapa yang tersesat di jalan-Nya dan Dialah yang Maha mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk”. (QS. An-Nahl:125)

Kemuliaan profesi seorang guru terlihat dari peran sertanya yang multitalen sehingga memiliki cita-cita yang mulia pula. Guru memiliki cita-cita mencerdaskan anak bangsa dan mencetak karakter maupun membina akhlakul karimah. Guru yang sukses dalam mendidik peserta didik adalah guru yang mampu mencetak generasi insan mulia.

Masa pandemi jika kita syukuri dengan nikmat-Nya maka akan menjadi keberkahan tersendiri. Hasil temuan penulis secara langsung disebuah Instansi dan lembaga pendidikan telah mencetak generasi guru yang kreatif. Tetaplah kita mensyukuri keadaan yang ada, bukan untuk dikeluh kesahkan. Yakinlah Allah tidak akan memberikan suatu ujian bagi umatnya sesuai dengan batas kemampuannya.

Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Guru adalah profesi yang mulia. Terimakasih guruku, terimakasih dosenku engkau yang telah mengajariku untuk mengenal dunia dan seisinya. Tulisan ini sebagai luapan hati penulis yang ingin mengucapkan “Selamat Hari Guru” buat semua pendidik yang ada di seluruh penjuru dunia. 

Terimakasih semoga tulisan  ini bermanfaat dan  memberikan motivasi bagi para pembaca.

Selamat Hari Guru

25 November 2020

Sumarto sumarto

Respond For " HAPPY TEACHER’S DAY "