+62-852-27-281672
info@literasikitaindonesia.com

Manajamen – Bimbingan Konseling, “Memahami, Memberi Solusi”

Sumarto dan Emmi Kholilah Harahap (IAIN Curup dan STAI Ma’arif Jambi)

Bimbingan Konseling, salah satu disiplin keilmuan dalam ilmu Psikologi, yang memiliki tujuan, bagaimana cara untuk memahami konseli yang memiliki masalah dalam kehidupannya, bagaimana cara memeberikan solusi kepadanya dan bagaimana cara agar konseling mampu bersikap mandiri untuk mengatasi masalah nya sendiri dengan tanggung jawab dan perubahan yang lebih baik, sehingga tidak selalu bergantung kepada orang lain.

Bimbingan Konseling, memiliki banyak pengertian dan pemahaman yang berbeda-beda dari setiap pakar/ahli. Diantaranya; Bimbingan Konseling adalah ilmu yang menyampaikan tentang bagaimana cara membimbing dan mengarahkan konseli yang memiliki masalah. Bimbingan konseling juga berarti memberikan kemampuan kepada konseling untuk selalu tegar, seimbang, sabar dan berusaha untuk mencari solusi dan menjalankan solusi dari setiap masalah yang dihadapinya.

Bimbingan Konseling juga harus memiliki “manajemen” yaitu proses bimbingan harus memiliki perencanaan yang baik, sesuai dengan prosedure bimbingan dan konseling yang sudah di konsepkan secara teoritis dengan berdasarkan fakta penelitian sebelumnya. Proses manajemen bimbingan konseling yaitu; 1. Proses identifikasi masalah konseli dengan proses dialog, 2. Proses fokus masalah, yang mendominasi timbulnya masalah masalah lain, 3. Diagnosis terhadap fokus masalah yang sudah diketahui penyebabnya apa, 4. Pemberian terapi yang sesuai dengan masalah yang dihadapi konseli dan 5. Adanya tindak lanjut terhadap setiap konsultasi yang dilaksanakan , untuk melihat perubahan yang terjadi kepada konseli.

Sumarto sumarto

Menulis tidak hanya menulis, tetapi menulis harus dengan pengetahuan, karena tulisan butuh pengakuan yaitu keilmuan menulis tentang apa yang ingin di tulis
Sumarto sumarto

Respond For " Manajamen – Bimbingan Konseling, “Memahami, Memberi Solusi” "