+62-852-27-281672
info@literasikitaindonesia.com

Masyarakat dan Buku

Masyarakat dan Buku seharusnya tidak bisa di pisahkan karena saling melengkapai untuk membangun kehidupan yang lebih baik. Tentunya sejahtera dan bermanfaat bagi sesama, TBM hadir untuk mempersatukan masyarakat dan buku.

Anak Anak MIS Guppi di TBM Tasik Malaya
Kepala Desa Tasik Malaya menyampaikan sambutan
Dari perpustakaan daerah Kabupaten Rejang Lebong menyampaikan sosialisasi

Taman Baca Masyarakat TBM Rejang Tasik Malaya dari Yayasan Literasi Kita Indonesia yang ada di Desa Tasik Malaya Kecamatan Curup Utara adalah salah satu TBM yang ada di Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu. TBM Rejang Tasik Malaya memiliki visi dan misi di antaranta yaitu  Terwujudnya masyarakat yang cerdas dalam literasi informasi dan melestarikan budaya daerah Suku Rejang, Kabupaten Rejang Lebong. Dengan Misi : Mendokumentasikan dan melestarikan setiap hasil karya suku Rejang, Mendokumentasikan dan melestarikan setiap hasil karya masyarakat,  Menyajikan setiap buku dalam keadaan rapi, bersih dan layak untuk di baca, Menjaga dan melestarikan buku untuk tetap berkualitas, Menyelenggarakan kegiatan literasi untuk masyarakat dan Membangun kesadaran literasi untuk masyarakat

Layanan mobil perpustakaan keliling di TBM Tasik Malaya
Kunjungan Mahasiswa IAIN Curup di TBM Tasik Malaya

Adapun Program Kegiatan yang di laksanakan di TBM Rejang Tasik Malaya diantaranya Mengumpulkan hasil karya masyarakat, Mendokumentasikan budaya Rejang, Menyelengarakan donasi Buku untuk para Donatur, Menyelenggarakan Pelatihan Bagi Relawan Pegiat Literasi, Menyelenggarakan Ruang Literasi bagi masyarakat, Menyelanggarakan kegiatan Bedah Buku dan Sosialiasi Buku, Menjadi mitra Pemerintah untuk memajuakan pendidikan, Menyelenggarakan bimbingan dan pendampingan literasi anak dan Menyelenggarakan pendidikan bagi orang tua untuk peduli literasi anak.

Mahaiswa IAIN Curup
Memperkenalkan Buku di TBM Tasik Malaya kepada Pengunjung

Pengurus TBM Rejang Tasik Malaya bapak Dr. Sumarto, M.Pd.I dan ibu Dr. Emmi Kholilah Harahap, M.Pd.I menyampaikan, TBM Rejang Tasik Malaya sudah di launching pada tanggal 28 Januari 2020 sekaligus donasi buku dari para donator buku yang ingin memberikan bantuan buku salah satu diantaranya adalah ibu Dr. Jumira Dosen Pascasarjana IAIN Curup. Kepada para sahabat yang ingin memberikan donasi buku, bisa langsung ke TBM Rejang Tasik Malaya, semoga donasi buku yang diberikan dapat meningkatkan minat baca masyarakat di Desa Tasik Malaya secara khusus dan Provinsi Bengkulu secara umumnya.

Rangkaian kegiatan launching TBM Rejang Tasik Malaya dan Donasi buku di hadiri Kepala Desa Tasik Malaya dan Perangkat Desa, Alim Ulama, Tokoh Adat dan Cerdik Pandai, dalam sambutannya Kepala Desa memberikan dukungan dan menghimbau masyarakat untuk aktif dalam kegiatan di TBM sehingga memperoleh pengetahuan baru, tentunya bisa memberikan pemahaman yang lebih baik dalam bidang pertanian, perkebunan dan pertukangan yang menjadi pekerjaan sehari – hari, begitu juga dengan adik – adik pelajar, hadirnya TBM mari kita manfaatkan bersama untuk kemajuan pendidikan Desa.

 Perpustakaan Daerah Kabupaten Rejang Lebong, memberikan sosialisasi dan pelayanan baca buku melalui mobil perpustakaan keliling kepada masyarakat, harapan dari Perpustakaan Daerah yaitu masyarakat dapat antusias dalam membaca buku di TBM –TBM yang ada atau bisa langsung kunjungan ke Perpustakaan Daerah untuk membaca dan meminjam beberapa koleksi buku yang sudah disediakan. Salah satu bimbingan dari Perpustakaan Daerah yaitu “Dengan membaca buku kita bisa meningkatkan pengetahuan, dengan bertambahnya pengetahuan bisa meningktakan tingkat ekonomi, misalkan kita adalah peternak sapi, dengan membaca buku tentang peternakan sapi di TBM atau Perpustakaan Daerah, muncul banyak ide – ide yang bisa dikembangkan untuk memajukan peternakan yang di miliki, sehingga dapat membantu kesejahteraan keluarga dan masyarakat secara umum.”

Hadir Kepala Perpustakaan IAIN Curup, Bapak Jurianto, M.Hum menyampaikan bimbingan dan sosialisasi kepada masyarakat dalam launching TBM Rejang Tasik Malaya. Di ketahui bersama bahwa Perpustakaan IAIN Curup sudah terakreditasi A, sebagai Perpustakan yang terbaik, menjadi rujukan di tingkat provinsi dan nasional. Ada beberapa hal yang di sampaikan Kepala Perpustakaan IAIN Curup untuk mengembangkan Perpustakan di masyarakat yaitu TBM; 1. Berkelanjutan, ketikan TBM di bukan harapannya berlanjut terus, dengan ide – ide untuk mengembangkan TBM lebih baik, walau ada masalah tetapi jalan terus, dengan semangat bersama masyarakat, 2. Menggunakan aplikasi perpustakaan online untuk membantu koleksi buku yang tidak ada, sehingga masyarakat tetap mendapatkan informasi yang baru dengan buku yang di inginkan sesuai kebutuhan, 3. Memulai dengan pengelolaan TBM yang tertib dan ruangan baca yang ramah kepada masyarakat, 4. Melakukan peminjaman buku di Perpustakaan Daerah dan Wilayah untuk mengembangkan TBM, intinya berkolaborasi, 5. Mengikuti kegitan – kegiatan literasi untuk menambah informasi dalam mengembangkan TBM untuk lebih kreatif dan inovatif.

Semoga hadirnya Taman Baca Masyarakat TBM Rejang Tasik Malaya memberikan manfaat bagi masyarakat, untuk menghadirkan informasi – informasi yang di butuhkan masyarakat, sehingga dapat menambah pengetahuan, dan dapat meningkatkan tingkat ekonomi masyarakat.

Sumarto sumarto

Menulis tidak hanya menulis, tetapi menulis harus dengan pengetahuan, karena tulisan butuh pengakuan yaitu keilmuan menulis tentang apa yang ingin di tulis
Sumarto sumarto

Respond For " Masyarakat dan Buku "