+62-852-27-281672
info@literasikitaindonesia.com

Penerbit Literasiologi : Supervisi Pendidikan Islam

Penerbit Buku Literasiologi mengucapkan atas terbitnya Buku Supervisi Pendidikan Islam karya Pascasarjana IAIN Curup.

Judul : Supervisi Pendidikan Islam
ISBN : 978-623-90875-7-9
Penerbit : Literasiologi

Sinopsis Buku :

Buku yang di hadapan kita bersama ini adalah buku hasil mini riset yang di lakukan oleh mahasiswa Pascasarjana IAIN Curup dalam proses pembelajaran. Pascasarjana IAIN Curup menerapkan beberapa model pembelajaran, salah satu di antaranya adalah model Pembelajaran Berbasis Riset, dimana setiap mahasiswa tidak hanya belajar teori – teori dalam diskusi seminar kelas, tetapi setiap mahasiswa harus di hadapkan dengan problematika manajemen pendidikan Islam yang ada di lapangan yaitu di Sekolah/ Madrasah, tujuannya adalah mengahdirkan setiap solusi dengan kajian ilmiah dalam setiap problematika yang di hadapi oleh setiap sekolah/ madrasah.

Tema dalam buku ini adalah kajian dalam mata kuliah supervisi pendidikan Islam. Supervisi pendidikan Islam sangat penting untuk menjamin mutu setiap sekolah/ madrasah. Dengan adanya pengawasan yang di lakukan oleh Kepala sekolah/ madrasah dan pengawas dari Kementerian Agama/ Dinas Pendidikan, menjadi proses kegiatan belajar mengajar semakin baik. Karena setiap elemen sekolah/madrasah terkendali dengan baik, mulai dari proses perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran hingga pada proses evaluasi pembelajaran.

Supervisor profesional menuntut kemampuan ilmu pengetahuan yang mendalam serta kesanggupan untuk melihat sebuah peristiwa pembelajaran yang tajam. Ia memahami pembelajaran berdasarkan kontektual fenomena akademik. Misi utama supervisi pendidikan Islam adalah memberikan pelayanan kepada guru untuk mengembangkan mutu pembelajaran, memfasilitasi guru agar dapat mengajar dengan efektif. Melakukan kerja sama dengan guru atau anggota staf lainnya untuk meningkatkan mutu pembelajaran, mengembangkan kurikulum serta meningkatkan pertumbuhan profesionalisasi semua anggota.

Kegiatan supervisi harus dijalankan oleh orang yang dapat melihat berdasarkan kenyataan yang ada dan kemudian di bawa kepada kegiatan yang seharusnya, yaitu kegiatan yang semestinya harus dicapai. Orang yang menjalankannya dituntut keharusan memiliki pengetahuan yang mendalam bagaimana sesungguhnya pekerjaan itu dijalankan. Memberikan layanan kepada guru-guru baik secara individual maupun secara kelompok dalam usaha memperbaiki pengajaran. Supervisor bertugas memberi bimbingan dan pengarahan, guna kemajuan sekolah/ madrasah, oleh karena itu yang bertugas menjadi supervisor harus bersifat lapang dada atau bijak dalam menerima berbagai saran dan kritik dari semua pihak agar setiap pengambilan keputusan menghasilkan sesuatu yang terbaik bagi kemajuan sekolah. Menarik untuk di bahas dalam kajian diskusi dan seminar.

Buku ini menjadi salah satu referensi, dapat di kembangkan lagi dalam riset selanjutnya dan menjadi salah satu karya dari Pascasarjana IAIN Curu, semoga bermanfaat. Buku Bisa Di Download : http://pascasarjana.iaincurup.ac.id/?p=481

Sumarto sumarto

Menulis tidak hanya menulis, tetapi menulis harus dengan pengetahuan, karena tulisan butuh pengakuan yaitu keilmuan menulis tentang apa yang ingin di tulis
Sumarto sumarto

Respond For " Penerbit Literasiologi : Supervisi Pendidikan Islam "