+62-852-27-281672
info@literasikitaindonesia.com

Pada tanggal 09 Mei 2019 sekitar jam 10…Kebakaran…

Zikri Ardenus – Komunitas Ma’arif – Literasi Kita Indonesia

Pada tanggal 09 Mei 2019 sekitar jam 10 di Desaku tepatnya Desa Pangkal Duri terkena sebuah musibah dimana pada malam itu hampir 70 rumah habis dilalap si jago merah.  Kejadian itu membuat warga panik dan banyak warga yang bergegas menyelamatkan diri dan ada pula yang berlari memadamkan api. Tapi apa mau dikata api dengan cepat melahap rumah – rumah warga yang notabene banyak terbuat dari kayu dan papan. Si jago merah melahap rumah-rumah warga dengan ganasnya.

Warga tetap berusaha mati-matian memadamkan api tapi apa daya warga kekurangan peralatan yang mana di desa Pangkal Duri tidak terdapat alat pemadam yang mumpuni. Warga meminta bantuan ke kecamatan tapi jauhnya jarak antara kecamatan dan desa pangkal Duri membuat bantuan lama untuk sampai. Oleh sebab itu, warga berusaha mati-matian menahan api agar tidak membesar dengan peralatan seadanya. Antara jam 01 dini hari bantuan damkar baru datang dan damkar mulai melakukan pemadaman hingga api benar-benar mati antara jam 05-06 pagi.

Itulah sedikit kisah yang saya alami. Banyak hikmah yang dapat kita ambil dari musibah yang terjadi diantaranya kita diajarkan arti sabar bagi yang terkena musibah. . Orang-orang yang sabar akan mulai di sisi Allah SWT, seperti yang disebutkan dalam al-quran surah Al-Baqarah ayat 155-156, dalam ayat tersebut Allah menyampaikan kabar gembira bagi orang-orang yang sabar. Selain sabar kita juga diajarkan untuk saling tolong menolong dan membantu mereka yang terkena musibah sebagaimana disebutkan dalam hadits Nabi yang artinya “Dari Nu’man bin Basyir radhiyallahu ‘anhu berkata Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa salam bersabda: “Perumpamaan orang-orang mukmin dalam hal saling mencintai, saling menyayangi dan saling menyantuni adalah bagaikan satu tubuh; jika salah satu anggota tubuh merasakan sakit, niscaya seluruh anggota tubuh lainnya ikut merasakannya dengan tidak bisa tidur dan demam.” (HR. Bukhari dan Muslim)”

Semoga mereka yang terkena dampak musibah diberikan kesabaran dan diberikan kekuatan oleh Allah SWT dan yang hilang ddigantikan dengan yang lebih baik aamiin ya robbal alamiin.

Hampir 70 rumah habis dilalap si jago merah ….

Sumarto sumarto

Menulis tidak hanya menulis, tetapi menulis harus dengan pengetahuan, karena tulisan butuh pengakuan yaitu keilmuan menulis tentang apa yang ingin di tulis
Sumarto sumarto

Respond For " Pada tanggal 09 Mei 2019 sekitar jam 10…Kebakaran… "