+62-852-27-281672
info@literasikitaindonesia.com

PENINGKATAN AKREDITASI SEMBILAN KRITERIA

Yayasan Literasi Kita Indonesia mengucapkan Selamat dan Sukses Pelaksanaan Visitasi Akreditasi Institusi STIE Syariah Al-Mujaddid Kabupaten Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi._

Oleh. Sri Kadarsih

Akreditasi merupakan bentuk penilaian secara komprehenshif terhadap kelayankan suatu program yang telah ditentukan dengan berbagai kriteria. Akreditasi perguruan tinggi telah mengalami peningkatan dan pengembangan secara kriteria. UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional pada pasal 60 ayat 1-3 menyebutkan bahwa Akreditasi dilakukan untuk menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan pada jalur pendidikan formal dan nonformal pada setiap jenjang dan jenis pendidikan. (2) Akreditasi terhadap program dan satuan pendidikan dilakukan oleh Pemerintah dan/atau lembaga mandiri yang berwenang sebagai bentuk akuntabilitas publik. (3) Akreditasi dilakukan atas dasar kriteria yang bersifat terbuka.

Sebelum adanya peningkatan pengembangan akreditasi penilaian yang dilakuakan oleh tim asesor hanya terdiri dari tujuh standar, dan saat ini sudah terdiri dari sembilan kriteria. Pada tahun 2018 kami selaku tim akreditasi perguruan ttinggi masih menggunakan penilaian tujuh standar, namun setelah memasuki akreditasi program studi lainnya pada tahun 2019 telah mengupayakan menerapkan sembilan kriteria. “Standar” bukan lagi menjadi bahasa istilah yang digunakan akreditasi dalam namun saat ini cendrung menggunakan istilah “Kriteria”. Beberapa kriteria yang dinilai oleh tim asesor dalam proses akreditasi perguruan tinggi adalah:

  1. Visi, Misi, Tujuan dan Strategi Pencapaian

Visi dan misi merupakan pondasi awal target pencapaian untuk menuju jangka panjang. Perguruan tinggi mempunyai target utama yang akan dicapai untuk lima tahun kedepan, sesuai dengan bunyi visi dan misi perguruan tinggi.

  • Tata pamong, tata kelola dan Kerjasama

Tata pamong berisikan tentang etika dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, serta sistem penghargaan atau reward terhadap dosen dan mahasiswa. Contoh pemberian reward terhadap keaktifan dan produktivitas dosen guna menunjang proses pembelajaran dan pengembangan perguruan tinggi. Pengelolaan terhadap dosen seperti menganalisis hasil laporan kinerja dosen dan berkaitan dengan penjaminan mutu.

  • Mahasiswa dan lulusan

Menghimpun berbagai data yang berkaitan dengan aktifitas mahasiswa dan lulusan. Perguruan tinggi yang baik mampu memberdayakan alumni, mecetak generasi yang tepat guna, serta mampu mengaplikasikan keilmuan. Validasi terlaksananya program layanan karir untuk lulusan dan mahasiswa.

  • Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia berkaitan erat dengan tata kelola dan tata pamong, karena dalam Sumber Daya Manusia membicarakan tentang rekrutmen, sleksi, dan pemberhentian dosen dan tenaga kependidikan. Merumuskan pedoman yang berkaitan dengan sistem pengelolaan sumber daya Manusia, mempersiapkan arsip dan data dosen. Regognisi dosen merupakan aktivitas dosen yang berupa lokakarya, seminar, workshop, publikasi dan lain sebagainya. Rekognisi dosen yang bertaraf nasional dan internasional memiliki poin penilaian yang sangat mendukung.

  • Pendidikan (Kurikulum, Pembelajaran dan Suasana Akademik)

Pendidikan berkaitan dengan proses pembelajaran, kurikulum yang berbasis KKNI. Pendidikan erat kaitannya dengan perkembangan teknologi 4.0 karena diiringi dengan penggunaan media yang serba canggih. Sisfomik (Sistem Informasi Akademik) merupakan salah satu alternatif dan fasilitas pendidikan. Sisfomik merupakan website resmi yang di miliki perguruan Tinggi STIE Syari’ah Al-Mujaddid Tanjab Timur yang bertujuan untuk mempermudah akses penyimpanan data, arsip, penialaian, dan lain sebagainya. Setiap individu memiliki akun masing-masing baik itu mahasiswa dosen, ketua, bagian akademik, keuangan, program studi, dan sebagainya.

  • Sarana dan Prasarana

Sarana dan prasarana sangat erat kaitannya dengan keuangan dan laporan akhir. Bukti dan singkronisasi antara laporan dan hasil menunjukan keseriusan dalam mengelola program secara berkala. Sarana dan prasarana yang memadai juga sangan membantu dalam memperoleh penilaian yang baik. Berbagai fasilitas yang tersedia seperti laboraturium, perpustakaan, mushola dan gedung-gedung lainnya.

  • Penelitian

Perkembangan perguruan tinggi dapat dilihat dari seberapa jauh progres dosen dan mahasiswa yang berperan aktif dalam penelitian. Penelitian yang dilaksanakan bukan hanya sebatas teori dan meneliti saja, namun ada output yang perlu dihasilkan setelah penelitian. Misalnya hasil penelitian yang dibuat menjadi sebuah karya buku ber ISBN. Baik penelitian yang bersumber dari luar maupun hibah dana yayasan. Penelitian juga berkaitan erat dengan publikasi karya ilmiah, penulisan buku, dan bentuk karya tulis lainnya.

  • Pengabdian Masyarakat

Pengabdian masyarakat merupakan salah satu bukti aplikasi keilmuan yang diterapkan di lingkungan masyarakat atau lingkungan tempat tinggal. Pengabdian masyarakat adalah bagian dari tridharma perguruan tinggi yang harus diterapkan oleh dosen dan mahasiswa.

  • Luaran dan Capaian

Adanya target capaian yang telah menjadi program terencana perguruan tinggi. Menganalisis seberapa besar kelemahan, kekuatan dalam pelaksanan program yang sesuai dengan kriteria. Masa pandemi tidak menjadi penghalang untuk tetap melaksanakan akreditasi perguruan tinggi. Teknologi sebagai sarana alternatif yang dijadikan salah satu solusi tetap berjalannya program dan jadwal yang tersusun. Akreditasi yang biasanya dilaksanakan secara langsung dengan hadirnya tim asesor ke perguruan tinggi, namun kali ini berbeda. Tim asesor melakasan sitasi akteditasi melalui zoom metting. Berbagai hal dan pembuktian yang perdipersiapkan dalam menghadapi akreditasi. Sebaiknya pemberkasan dan pengumpulan berbagai data dukung telah dipersiapkan secara berkala. Perlu adanya program “hari borang” yang dilaksanakan secara berkala pula, seperti sebulan satu kali atau satu minggu satu kali. Hal ini bertujuan untuk menghindari rasa kecemasan dan kekhawatiran dalam menghadapi akreditasi perguruan tinggi. Bukti yang valid dan relevan dengan laporan menjadikan pertimbangan penilaian.  Terima kasih, semoga bermanfaat

Sumarto sumarto

Respond For " PENINGKATAN AKREDITASI SEMBILAN KRITERIA "