+62-852-27-281672
info@literasikitaindonesia.com

Peran Strategis Perguruan Tinggi, Rumah Moderasi Beragama dalam mendukung kondusifitas politik, hukum dan keamanan pada masa pandemic covid-19

Peran strategis Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri dan Swasta, Rumah Moderasi Beragama dalam mendukung kondusifitas politik, hukum dan keamanan pada masa pandemic covid-19. Banyak problematika yang terjadi pada masa pandemic covid-19, tidak hanya di sektor pendidikan tetapi hingga kepada poltik, hukum dan menyangkut hak asasi manusia, hal ini menjadi topik pembahasan dalam pertemuan bersama Menko Polhukam dan Menteri Agama.

Pemerintah sesuai dengan penyampaian materi dari Menko Polhukam Prof. Mahfud MD dan Menteri Agama Gus Yaqut Cholil Qoumas memberikan yang terbaik untuk keselamatan dan kesejahteraan masyarakat dengan berbagai program bantuan dan edukasi yang diberikan. Harapannya Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri dan Swasta bisa menjadi edukator bagi masyarakat dalam hal menjelaskan informasi yang baik dan benar, karena banyak beredar informasi – informasi Hoax atau bohong di sekitar masyarakat terutama dari media sosial.

Bagaimana upaya yang dilakukan tentu kita sebagai akademisi harus mampu mencerdaskan masyarakat dengan informasi yang baik dan benar dengan membangun Narasi – Narasi yang baik, yang membangkitkan semangat hidup lebih bermakna, menjadi bagian dari Pemerintah untuk memberikan edukasi tentang bagaimana sikap dalam mengahadapi covid -19 melalui website, sosial media, You Tube dan media lain yang kita miliki. Berdasarkan dari berbagai data atau sumber banyak terjadi kesalahpahaman, diskomunikasi dikarena menyebarnya berita bohong, sehingga penting Perguruan Tinggi Keagamaan Islam memberikan edukasi, atau program pencerahan bagi masyarakat.

Menyambut Tahun Baru Islam 1443 Hijriah sudah seharusnya kita bangkit, semangat dan bersegera melakukan perubahan yang baik dengan bergotong royong, bersatu padu dalam membangun Indonesia yang lebih baik, sejahtera, makmur dan adil, tentu dengan kontribusi kita bersama, seperti yang sudah dilakukan oleh para pendiri bangsa, pahlawan dan orang – orang yang berjasa untuk membangun dan menjaga Indonesia. Tahun Baru Islam adalah momentum untuk berubah menjadi lebih baik, intropeksi dan evaluasi yang dilakukan harus menajdi batu loncatan yang harus segera di lakukan yaitu peningkatan untuk perbaikan yang berkelanjutan.

Prof. Mahfud MD menyampaikan bahwa kita menyadari adanya covid-19 ini memberikan banyak dampak, hingga membuat banyak problematikan kehidupan, kita harus bangkit, kita harus tetap bersemangat dalam bekerja, hal ini yang dilakukan oleh Pemerintah. Covid-19 yang mengubah kehidupan mulai dari perubahan sosial munculnya; perasaan insecure, sarkasme dan kritisme, kemudian Pola Komunikasi Sosial, Kendala Verifikasi Kebenaran, Reorientasi kapasitas dan sumber daya yang dimiliki Pemerintah hingga melemahnya kondisi ekonomi menjadi tantangan besar, terkadang menjadi keributan dikarena berita hoax. Kita harus lebih bijaksana menghadapi situasi sulit.

Bagaimana yang harus kita lakukan? Bagaimana peran yang dilakukan oleh Perguruan Tinggi? hal ini yang menjadi diskusi dinamis dalam pertemua, yang memiliki tujuan membangun saran yang konstruktif untuk perbaikan dan solusi nyata atas problematika yang terjadi. Peran yang bisa dilakukan tentunya yaitu; Pemanfaatan hasil riset yang dilakukan oleh Perguruan TInggi tentang bagaimana menangani dampak covod-19 begitu juga dengan kebijakan, Menyampaikan kajian yang benar berdasarkan ilmu pengetahuan bukan asumsi atau pendapat yang tidak berdasarkan fakta.

Peran yang bisa kita lakukan lagi adalah Perguruan Tinggi harus bisa menjembatani masyarakat dan pemerintah dalam penyampaian kritik dan aspirasi, supaya tidak terjadi kesalahpahaman, diskomunikasi dan menyebarnya berita bohong. Pengutan solidaritas sosial dan kapasistas sosial, saling membantu, bergotong royong, kita adalah keluarga yang harus saling mendukung, maju bersama. Kekuatan ketahanan ekonomi masyarakat, Perguruan Tinggi harus ikut andil, harus bersama masyarakat memberikan solusi untuk pekerjaan yang lebih baik, membuka lowongan pekerjaan dengan ide – ide kretif dan inovatif. Semoga Indonesia lebih baik. Kita percaya, sungguh – sungguh.Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh.

Sumarto.

Sumarto sumarto

Respond For " Peran Strategis Perguruan Tinggi, Rumah Moderasi Beragama dalam mendukung kondusifitas politik, hukum dan keamanan pada masa pandemic covid-19 "