+62-852-27-281672
info@literasikitaindonesia.com

Belajar Pancasila Harus Sejak Dini

Penerbit Literasiologi kembali menerbitkan buku, dengan Judul Pendidikan dan Pengamalan Pancasila yang ditulis oleh Pak Dr. Sumarto dan kawan kawan mahasiswa FEBI UIN Sultan Thaha Syaifuddin Jambi.

Seharusnya Pancasila menjadi bagian kurikulum dari tingkat pendidikan yang paling Dini yaitu mulai dari PAUD dan TK agar setiap anak anak kita mengetahui Pancasila sebagai dasar negara, walaupun bentuk penyampaian tidak harus formal, bisa dengan menyampaikan nilai nilai Pancasila melalui Bermain sambil belajar dengan anak anak, seperti sila pertama Pancasila Ketuhanan yang Maha Esa, setiap anak didik di ajak untuk melakukan kegiatan ibadah, memantapkan praktik ibadah nya walaupun dalam tahap pengenalan, menyampaikan agama agama yang ada di Indonesia, karena sering kali anak anak didik kita yang TK menanyakan agama teman teman nya yang berbeda dengan dia atau melihat di sekelilingnya yang berbeda menjalankan ibadah.

Pendidikan Pancasila tidak sekedar belajar mulai sejak dini tetapi untuk membangkitkan ruh Pancasila dalam setiap diri anak bangsa harus dengan adanya pengamalan dari nilai nilai Pancasila itu sendiri menjadi bagian dari setiap kegiatan dan pengabdian hidup kepada NKRI. Karena Pancasila hanyalah teks Pancasila bila tidak dipelajari dan diamalkan, sebagai mana kita belajar P-4 yang sangat digalangkan Era Presiden Soeharto dengan tujuan memantapkan ideologi bangsa kepada seluruh rakyat Indonesia yang dilanjutkan Era Presiden BJ. Habibi sampai kepada Era Presiden Joko Widodo dengan membentuk salah satu unit Negara Penjaga Ideologi Pancasila untuk menolak segala bentuk ideologi Radikal dan gerakan Seperatisme yang belakang ini terjadi di Papua muncul OPM (Organisasi Papua Merdeka)


Sumarto sumarto

Menulis tidak hanya menulis, tetapi menulis harus dengan pengetahuan, karena tulisan butuh pengakuan yaitu keilmuan menulis tentang apa yang ingin di tulis
Sumarto sumarto

Respond For " Belajar Pancasila Harus Sejak Dini "