+62-852-27-281672
info@literasikitaindonesia.com

Membuat Jurnal Terakreditasi, Proses Profesional

Sumarto – Dosen IAIN Curup.

(5/8/2019) Mengikuti kegiatan pelatihan pengelola jurnal dari LP2M IAIN Curup, Unit Penerbitan Publikasi Ilmiah, dengan narasumber dan trainer pak Hardivizon yang juga ketua Relawan Jurnal Indonesia – Bengkulu. Kegiatan dilaksanakan di pusat TIPD IAIN Curup, Laboratorium Komputer.

Sebelum memulai kegiatan pelatihan, pak Hardivizon sebagai narasumber dan trainer pengelola jurnal, menyampaikan prolog tentang bagaimana kebangkitan dari jurnal IAIN Curup, yang sebelumnya manual menjadi online, sebelum nya belum terakreditasi menjadi terakreditasi, sebelumnya kaum akademisi banyak yang tidak peduli dengan jurnal menjadi sangat peduli untuk kemajuan jurnal, sebelumnya terpinggirkan menjadi fokus utama karena setiap perguruan tinggi akan dilihat dari seberapa banyak publikasi ilmiah nya.

Karena publikasi ilmiah adalah representasi dari kuantitas dan kualitas penelitian pengabdian masyarakat yang di lakukan oleh setiap perguruan tinggi. Dengan publikasi ilmiah, bisa menempatkan posisi perguruan tinggi dalam tatanan dan peran di Tingkat Global, kontribusinya. Tentunya pencapaian jurnal yang baik harus dilakukan dengan sikap yang profesional dan tanggung jawab.

Sekarang IAIN Curup sudah memiliki Jurnal Terakreditasi, yang banyak peminatnya, untuk submit Journal dari berbagai perguruan tinggi nasional dan bahkan sudah mulai dari kalangan global. Target kedepannya jurnal IAIN Curup terindeks Scopus, ada dua jurnal yang sedang dipersiapkan yaitu jurnal AJIS dan ALFALAH.

Sistem online Journal system’ sudah diterapkan karena menjadi indikator untuk penilaian akreditasi jurnal. Kami yang ikut pelatihan menjadi saksi untuk kemajuan jurnal IAIN Curup, tidak sekedar menjadi saksi tetapi mendapatkan peran dan kepercayaan untuk ikut menjadi pengelola jurnal IAIN Curup, bersinergi dan berkontribusi untuk kemajuan kampus bersama. Semoga lebih baik.

Pak Hardivizon Kepala Unit Publikasi Ilmiah IAIN Curup, Ketua RJI Bengkulu

Sumarto sumarto

Menulis tidak hanya menulis, tetapi menulis harus dengan pengetahuan, karena tulisan butuh pengakuan yaitu keilmuan menulis tentang apa yang ingin di tulis
Sumarto sumarto

Respond For " Membuat Jurnal Terakreditasi, Proses Profesional "