PERJALANAN LEBARAN PENGABDIAN DI KAMPUNG HALAMAN

Lebaran adalah momentum yang dinantikan. Perjalanan ke kampung halaman, kita semua memiliki cerita, tentu suka dan duka menjadi indah bila dilalui dengan bersama, perjuangan dan pengorbanan di perantauan menjadi kekuatan, ketika sampai di kampung halaman bertemu kasih dan sayang bersama kedua orang tua, perasaan haru biru tidak tertahankan, bahwa kehidupan ini adalah perjumpaan dan perpisahan.

Kampung Halaman Kota Padangsidimpuan kami tempuh sekitar 30 Jam Lebih dari Kabupaten Rejang Lebong Bengkulu. Perjalanan yang panjang bernama keluarga, kami tempuh dengan semangat, rasa sabar dan bersyukur kepada Allah Subhana wata’ala masih diberikan kesempatan dan kesehatan untuk pulang ke Kampung Halaman. Seru dan Menarik Perhatian sepanjang perjalanan bisa belajar dari Kehidupan Masyarakat Lintas Provinsi, Kabupaten dan Kota.

Melalui Kota Lubuklinggau, Musirawas, Musirawas Utara Provinsi Sumatera Selatan. Melalui Kabupaten Sarolangun, Merangin, Muara Bungo Provinsi Jambi. Melalui Kabupaten Kota Provinsi Sumatera Barat Bukit Tinggi hingga sampai ke Kabupaten Mandailing Natal Sumatera Utara Kampung Halaman Kota Padangsidimpuan. Terbentang indah alam di sepanjang perjalanan kami, sungguh nikmat Allah Subhana wata’ala luar biasa. Menjadi pelajaran penting, menjadi Insan yang Bersyukur, Insan Paripurna.

Allah Subhana wata’ala masih memberikan kesempatan kepada kami untuk bertemu kedua orang tua dan keluarga di Hari Lebaran, Melihat masa lalu, Mempelajari masa lalu ada Hikmah pelajaran kehidupan yang bermakna. Ketika orang tua mendidik kita dengan penuh kesabaran dan bahkan keterbatasan ekonomi, tapi tetap semangat, membangun impian dan cita cita anak – anaknya agar menjadi orang yang Sukses, sungguh tidak mudah membutuhkan proses yang lama, dengan rasa syukur, sabar dan kesungguhan semoga selalu diberikan yang Terbaik .

Beberapa perjalanan sudah kami lakukan Silaturahim kepada keluarga yang ada di Kota Padangsidimpuan, Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Tapanuli Tengah Sibolga, bercerita tentang perjalanan hidup yang sudah banyak di lalui, mengambil pelajaran, mulai merencanakan yang terbaik untuk kedepannya, peningkatan kehidupan yang lebih bermakna dan bermanfaat bagi sesama. Saling menasehati dalam kesabaran dan kebenaran, saling memberikan bantuan, saling memberikan dukungan, hidup bahagia bersama, sukses bersama.

Pengabdian di Kampung Halaman mulai dari Pendidikan Dasar hingga Pendidikan Tinggi. Belajar dan Berdiskusi di bangku sekolah hingga bersama masyarakat. Kegiatan yang memotivasi dan menginspirasi, saling memberikan ide gagasan untuk perubahan yang terbaik di Kampung Halaman. Apa yang kita berikan kepada Kampung Halaman adalah Pengabdian, bukan sekedar materi, tetapi ide gagasan dan pengabdian yang berkelanjutan, Sahabat dan Keluarga kita di Kampung Halaman bisa sukses dengan Ide Gagasan yang kita berikan adalah Kesuksesan bersama. Membangun Kampung Halaman bersama bergotong royong, semangat dan jangan menyerah. (Sumarto/IAIN Curup)

Sumarto sumarto
Latest posts by Sumarto sumarto (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published.