+62-852-27-281672
info@literasikitaindonesia.com

Pohon Ilmu: Filosofis Akar Hingga Buah

Berkunjung ke UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, ketika masuk ke Kantor Rektorat di Lobi Kampus kita di hadirkan dengan Gambar Pohon Ilmu yang menjadi Core Values dari UIN Malang yang digagas oleh Seorang Ilmuwan Cendikiawan Muslim Indonesia, yang pernah menjadi Rektor UIN Malang Prof. Imam Suprayogo. Untuk memahami Pohon ilmu sangat penting untuk mengikuti perkuliahan Prof. Imam Suprayogo, satu semester mungkin tidak bisa, tetapi harus berani semester semester sampai benar benar paham.

Berada di lokasi Pohon Ini UIN Malang

Analisis sederhana dari penulis yang hanya melihat Pohon Ilmu, ternyata ada beberapa yang perlu di pahami dan menjadi hal yang sangat mendasar: kenapa harus pohon? Karena pohon menggambarkan sejarah dari setiap makhluk hidup di bumi, seperti insan manusia, sejarah kehidupan nya bisa dilihat dari tumbuh nya pohon kehidupan yang ia miliki sampai kepada buah yang dihasilkan dan apa manfaat nya bagi masyarakat sekitar.

Kenapa harus pohon, karena pohon bisa menjadi sistematisasi dari keberadaan ilmu pengetahuan, mulai dari proses pengetahuan yang lahir dari pengalaman dan pendidikan sekolah, dengan menghadirkan fakta fakta yang ada, dengan dasar teoritis, dan di ujian dalam riset yang di lakukan apakah benar atau tidak, atau bisa melahirkan kebenaran baru dari hasil penelitian yang benar, hal ini seperti kaidah pohon yang tumbuh sistematis dengan proses yang ilmiah dan benar hingga menghasilkan buah yang bermanfaat bagi manusia, pohon sama dengan karakter nya yaitu ada akar, batang, ranting, daun tetapi bisa menghasilkan beraneka ragam buah yang bermanfaat.

Kenapa pohon? Karena pohon bisa menjadi bahan untuk mengklasifikasikan setiap cabang ilmu yang ada dengan dasar yang kuat yaitu sumber dari segala sumber ilmu pengetahuan yaitu yang bersumber dari Maha Ilmu Allah SWT, yang di Wahyu kan kepada Nabi dan Rasul Nya Kitab Taurat, Zabur, Injil, Al Qur’an dan Sunnah Rasulullah SAW, sumber ilmu semua ilmu yang menjadi bahan makanan bagi pohon melalui akar akar nya, kemudian berkembang kepada seluruh batang, ranting, daun dan menghasilkan buah buahan, yang merupakan hasil dari setiap cabang ilmu yang bermanfaat.

Sumarto sumarto

Menulis tidak hanya menulis, tetapi menulis harus dengan pengetahuan, karena tulisan butuh pengakuan yaitu keilmuan menulis tentang apa yang ingin di tulis
Sumarto sumarto

Respond For " Pohon Ilmu: Filosofis Akar Hingga Buah "