+62-852-27-281672
info@literasikitaindonesia.com

Raja Bitang di Dusun Pelabai, Raja Begeleng Mato Berada di Kutai …

[15/10/19] Kutipan sajak yang saya tulis [Sumarto/ Dosen IAIN Curup] Ketika Kegiatan Rembug Rumah Jurnal PTKIN se – Indonesia, IAIN Curup sebagai Tuan Rumah, lanjutan lengkap sajak nya adalah “Raja Bitang di Dusun Pelabai, Raja Begeleng Mato Berada di Kutai, IAIN Curup menyambut tamu dan melayani, jumpa lagi di moment yang paling di nanti” walau tidak ter-ekspose ketika kegiatan, tetapi ingin disampaikan dalam tulisan sederhana ini.

Pengelola Jurnal PTKIN se-Indonesia, Tamu paling jauh dari Jayapura

Ada 4 pantun lagi; “Jalan – jalan ke Rejang Lebong, Singgah sebentar membeli Kates, Jama’ah Jurnal datang berbondong – bondong, Untuk menjadi pengelola jurnal yang sukses”. Pantun berikutnya “Rejang Lebong, Bumi Pat Petulai, Dulu Bernama Renah Selawai, Selamat datang Tim DIKTIS Kemenag RI, Wahana kita untuk berkoordinasi.”

“Bunga indah, Bunga Raflesia, Banyak dikunjungi para wisatawan, Selamat datang Tim Jurnal Indonesia, IAIN Curup siap memberikan pelayanan..” Pantun terakhir…”Tokoh Rejang Khafidin Bin Bun, Banyak dikenal di Bumi Bengkulu, Pengelola jurnal yang cendikiawan, Kita semua bersatu padu…”

Tarian sakral Tari Kejei dari Tanah Rejang Lebong, Tari penyambutan Tamu

Selamat dan Sukses pelaksanaan kegiatan Rembug Rumah Jurnal PTKIN se – Indonesia, ada beberapa hal yang menjadi pembahasan penting diantaranya, sebagaimana di sampaikan Dr. Suwendi selaku Kasubdit Publiksi Ilmiah dan Pengabdian Masyarakat Kementerian Agama RI, Dr. Mahrus Kasi Penelitian, yaitu; 1. Diktis Kemenag RI akan meluncurkan program baru MORABIND [Mora-Indeks], MORAPUBLISH [Penerbitan Penelitian dan Pengabdian], yang mana sebelumnya sudah meluncurkan program MORAREF untuk indksasi Jurnal dan MORABASE sebagai media perantara, penyambung antara pengelola penerbitan jurnal dengan author,

2. Harapannya setiap Perguruan Tinggi memiliki Penerbitan Buku, “University Press” yang bisa mengakomodir penerbitan setiap hasil karya penelitian dan pengabdian dari dosen dan mahasiswa, 3. Kegiatan Rembug Rumah Jurnal PTKIN Se Indonesia dapat menghasilkan Kepengurusan suatu lembaga atau wadah Koordinasi Jurnal PTKIN Nasional, sehingga lebih memudahkan proses Koordinasi atau Kegiatan antara Pengelola Jurnal di PTKIN se-Indonesia,….

4. Kegiatan Rembug Rumah Jurnal PTKIN Se Indonesia menjadi wadah untuk belajar lagi dengan pengelola jurnal lainnya yang sudah berhasil untuk melakukan percepatan akreditasi jurnal atau peningkatan akreditasi jurnal, “pencapaiannya standar sinta 4 – 2, Alhamdulillah bila sampai menembus sinta 1”, 5. Dari Diktis Kemenag RI juga mengundang para ahli pengelola jurnal yang akan memberikan materi kepada para peserta pengelola jurnal PTKIN se-Indonesia, sebagai stimulus atau motivasi dalam hal akreditasi jurnal, peningkatan akreditasi jurnal dan manajemen tata kelola jurnal yang baik seperti pendanaan, posisi kerja dari setiap komponen pengelola jurnal dan mewarisi jurnal yang baik ke generasi berikutnya sehingga lebih berkelanjutan dan awet selalu manfaatnya untuk civitas akademika dan masyarakat.

Turut Hadir Bupati Rejang Lebong Dr. H. Ahmad Hijazi, Kasubdit Diktis Kemenag RI Dr. Suwendi, Kasi Penelitian Dr. Mahrus dan Tim dari Diktis Kemenag RI, Tamu Pengelola Jurnal PTKIN Se-Indonesia

Sumarto sumarto

Menulis tidak hanya menulis, tetapi menulis harus dengan pengetahuan, karena tulisan butuh pengakuan yaitu keilmuan menulis tentang apa yang ingin di tulis
Sumarto sumarto

Respond For " Raja Bitang di Dusun Pelabai, Raja Begeleng Mato Berada di Kutai … "