+62-852-27-281672
info@literasikitaindonesia.com

Setiap Kesulitan ada Kemudahan, Jangan Berputus Asa

Dalam Al Qur’an Surat Al Insyirah, ayat 5-6 yang artinya 5. Maka sesungguhnya beserta kesulitan ada kemudahan, 6. sesungguhnya beserta kesulitan itu ada kemudahan. Allah Subhanahu wata’ala berfirman kepada kita semua, bahwa setiap kesulitan yang dialami oleh setiap manusia, Allah
Subhanahu wata’ala sudah memberikan kemudahan, Allah Subhanahu wata’ala menyampaikannya sampai dua kali di ayat yang ke 6, yaitu beserta kesulitan itu ada kemudahan, maknanya adalah setiap kesulitan yang kita alami, kita harus meyakini bahwa Allah Subhanahu wata’ala sudah menyiapkan kemudahan bagi kita, sekrang yang perlu dilakukan sebagai manusia, sebagai hamba Allah Subhanahu wata’ala harus yakin bahwa Allah Subhanahu wata’ala pasti menolong hamba-hamba Nya yang selalu ber-taqwa kepada Nya, sebagai bentuk pengabdian insan kepada Rabb.

Pada bulan suci Ramadhan 1440 H, adalah moment setiap manusia diberikan pelatihan untuk menjadi insan yang sabar dan taat sehingga bisa mencapai insan yang taqwa. Semua butuh proses, perjuangan dan pengorbanan, tidak sekedar mengkuti puasa bulan Ramadhan, tetapi harus menjadi bentuk menempa diri lebih baik, lebih taqwa. Tentu ketika menjalani setiap hari di bulan suci Ramadhan, banyak tantangan hidup dan kesulitan hidup yang di alami, mulai dari masalah ekonomi, pertumbuhan ekonomi pada bulan suci Ramdahan meningkat dibandingkan dengan bulan bulan yang lain, karena bulan ramadhan setiap orang ingin membeli “ini dan itu” tanpa menyadari, banyak hal hal yang berlebihan yang dilakukan tidak hanya makanan dan minuman begitu juga pakaian bahkan penggunaan kuota internet “menghabiskan waktu dalam bulan suci ramdhan dengan ng-net.”

Masalah ekonomi, mulai dari kelebihan harta sampai kepada kekurangan harta, menjadi kesulitan bagi manusia, sehingga kita harus kembali kepada makna dalam Qur’an Surat Al Insyirah, setiap kesulitan ada kemudahan. Jangan sampai berputus asa, karena Allah Subhanahu wata’ala banyak memberikan jalan solusi di setiap masalah yang dihadapi oleh hamba-hamba Nya. Allah Subhanahu wata’ala tidak akan memberikan ujian kepada hamba Nya, kecuali hamba Nya bisa untuk menghadapi setiap masalah masalah tersebut. Tidak hanya masalah ekonomi yang di hadapi, masalah sosial, masalah politik, masalah budaya, semua masalah harus bisa disikapi dengan baik, dengan musyawarah dengan hati yang damai, Insya Allah diberikan jalan dan keberkahan.

Sumarto sumarto

Menulis tidak hanya menulis, tetapi menulis harus dengan pengetahuan, karena tulisan butuh pengakuan yaitu keilmuan menulis tentang apa yang ingin di tulis
Sumarto sumarto

Respond For " Setiap Kesulitan ada Kemudahan, Jangan Berputus Asa "